10 Langkah Terhindar Dari Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.

Pada dasarnya, tekanan darah dapat diatur secara alami. Berikut cara-caranya yaitu sebagai berikut ;

1. Hindari gula

Makanlah makanan yang mengandung gula alami. Seperti yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Disamping itu, juga hentikan kebiasaan menuang gula berlebih ke dalam makanan. Jika ingin menambah rasa manis bisa dengan menggunakan madu.

2. Berhenti konsumsi makanan olahan

Makanan olahan seringkali mengandung gula dan zat aditif lain, lemak trans yang menyebabkan naiknya tekanan darah. Praktisnya, jika makanan kemasan tersebut memiliki lebih dari lima bahan atau tidak kamu kenal, mungkin termasuk golongan tidak layak untuk dimakan.

3. Makan-makanan nabati

Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, sangat penting untuk selalu mencukupi kebutuhan tubuh dengan buah dan sayur setiap hari. Pilih buah dan sayuran yang berwarna-warni untuk meggugah selera.

4. Pastikan mendapat asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 dikenal sangat baik untuk jantung dan otak. Salah satu cara omega-3 dapat membatu sistem kardiovaskular yaitu dengan menjaga tekanan darah tetap stabil. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 dapat membatu menurunkan tekanan darah. Salah satu sumber omega-3 ini didapat dari ikan berlemak (salmon, sarden, makarel).

5. Berhenti merokok

Jika kamu tidak merokok, jangan memulai. Jika kamu merokok, buat rencana untuk keluar dari kungkungan itu. Buat rencana dan eksekusi secepatnya. Lebih cepat kamu berhenti, masa depan cerah akan lebih nampak di depan. Berhenti merokok ini tidak hanya berlaku untuk tekanan darah saja, tapi juga untuk lainnya.

6. Bergeraklah

Latihan aerobik dapat membatu tubuh untuk melancarkan pemompaan darah. Setidaknya, lakukan selama kurang lebih 30 menit setiap hari. Bisa juga dilakukan tiga kali seminggu.

7. Berdiri sesering mungkin

Banyak dari kita yang menghabiskan waktunya dengan duduk. Padahal, kebiasaan ini bisa berakibat buruk terhadap kesehatan. Untuk mengatasinya yaitu usahakan untuk berdiri sesering mungkin. Beberapa penelitian menemukan bahwa berdiri sepanjang hari dapat menurunkan tekanan darah.

8. Atur berat badan

Berat badan yang terlalu berlebih beresiko pada faktor tingginya tekanan darah. Fokuskan rencana penurunan berat badan dengan mengatur makanan, olahraga, dll. Diterapkan secara perlahan dan konsisten adalah jalan terbaik untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

9. Dapatkan kualitas tidur yang baik

Tak cukup tidur membuat semua sistem tubuh tak bekerja seperti seharusnya. Lakukan beberapa langkah untuk memastikan tubuh memiliki cukup waktu tidur yang berkualitas, yaitu sekitar 7 jam setiap hari.

10. Meditasi

Merasa terbeban dengan stres akan beresiko naiknya tekanan darah. Jika merasa berada pada level yang parah, sudah saatnya kamu harus menjadwalkan relaksasi. Salah satu metode yang terbaik yaitu dengan meditasi. Melakukan meditasi setiap hari akan membuat level tingkat stress berbeda. Ide meditasi lainnya yaitu yoga, tai chi, dan latihan pernapasan dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *