10 Makanan Dan Minuman Dapat Mengatasi Susah Tidur

Apakah kamu sering kesulitan tidur? Ketika kamu sulit tidur, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena kamu masih memiliki beban pikiran atau kebiasaan yang tidak sehat. Sulit tidur atau insomnia dapat menyerang siapa saja. Meskipun mencoba tidur lebih awal, tetapi hasilnya akan sia-sia.

Tenang, selalu ada solusi untukmu. Selain bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif untuk membantu tidur cepat, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan-makanan berikut sebelum tidur. Tujuannya tak lain tak bukan, supaya kamu dapat tertidur pulas.

Berikut 10 makanan dan minuman yang dapat membantu kamu mengatasi susah tidur :

1. Labu

Pada buah labu, terdapat banyak kalsium, magnesium, omega 3, tembaga, dan kandungan kromium, yang bisa memperbaiki siklus tidurmu dengan baik. Bisa dibilang labu adalah makanan super untuk tidur. Kamu bisa mengolah labu dengan caramu sendiri, seperti merebusnya atau dijadikan jus.

2. Kacang almond

Almond dikenal sebagai camilan yang bagus untuk diet. Kandungan nutrisinya sangat kaya, misalnya seperti tinggi serat, protein, dan lemak tak jenuh di dalamnya.

Tetapi selain itu, kamu tahu gak sih, kacang almond juga mengandung magnesium dan triptofan yang dapat membantu otot-otot tubuhmu menjadi lebih rileks? Jadi, sebelum tidur, makanlah almond supaya lebih nyenyak!

3. Pisang

Sama dengan almond, pisang juga merupakan makanan yang bisa membantumu mengatasi insomnia. Karena pisang mengandung magnesium dan kalium, serta triptofan yang membuat otot-otot lebih rileks.

Kandungan triptofan juga membantu memicu produksi serotonin di otak. Sehingga dapat membuat suasana hati jadi lebih baik.

4. Salmon

Pasti semuanya sudah tahu, dong kalau salmon terkenal kaya akan omega 3? Ternyata asam lemak omega 3 yang terkandung dalam salmon dapat mengurangi hormon stres dan menenangkan pikiran. Wah, beruntung nih yang suka ikan salmon, tidurnya nyenyak terus.

5. Oatmeal

Gak disangka, oatmeal mengandung cukup banyak magnesium, kalium, dan kalsium. Menurut pendapat para ahli, orang yang kekurangan magnesium akan mengalami kesulitan tidur. Nah, dengan mengonsumsi oatmeal sebelum tidur, dijamin deh akan membuatmu lebih cepat terlelap dan nyenyak.

6. Sayuran hijau

Sayuran hijau memang sudah diketahui banyak mengandung serat, vitamin, magnesium, kalsium, dan sebagainya. Misalnya seperti bayam dan pok coy, yang kaya magnesium dan vitamin B, serta mampu membantu tidurmu lebih pulas.

7. Teh herbal

Tak ada salahnya menikmati teh sebelum tidur. Apalagi teh herbal, minuman ini sangat membantu kamu bersantai sebelum tidur. Teh herbal dengan aroma lavender atau chamomile memang paling menenangkan. Kalau kamu suka teh rasa apa, nih?

8. Alpukat

Mungkin banyak yang belum tahu kalau ternyata alpukat termasuk makanan yang dapat membantu mengatasi insomnia. Alpukat mengandung vitamin B yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mengatur kualitas tidurmu. Konsumsi alpukat saat makan siang dan malam akan membuat kamu tidur lebih nyenyak. Selamat mencoba!

9. Ceri

Ada studi yang mengungkapkan bahwa ceri terbukti meningkatkan melatonin dalam tubuh. Kandungan melatonin ini menjadi yang tertinggi dibandingkan buah lainnya. Cocok banget untuk dijadikan camilan malam hari.

10. Susu

Siapa nih yang setiap malam minum susu? Jika itu kamu, maka pertahankanlah. Susu dianggap sebagai obat penenang dan membuat tidurmu pulas. Susu yang kaya kalsium dapat membantu merangsang otak memproduksi hormon melatonin yang akan membuat kamu lebih nyenyak.

Nah, segera cobain ya biar tidurmu gak terganggu terus. Dijamin bakalan tidur nyenyak. Selamat bermimpi indah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *