13 Makanan Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal Kronis

Penderita penyakit gagal ginjal harus mengetahui makanan apa saja yang sehat untuk ginjal, karena jika kita berpendapat bahwa konsumsi rutin sayuran dan buah untuk kesehatan sangat bagus, Tetapi anda wajib tahu, bagi penderita gagal ginjal harus di kurangin dan lebih selektif dalam memilih buah dan sayur.

Khususnya hindari sayuran dan buah yang mengandung kallium atau pottasium yang tinggi. Hal ini wajib di ketahui untuk penderita penyakit pada ginjal, karena jika kita mengkonsumsi makanan yang sembarang, bahkan makanan yang di anggap sehat belum tentu semuanya baik untuk kesehatan ginjal, bahkan bisa memperparah keadaan penyakit ginjal anda.

Bagi penderita gagal ginjal akut, anda wajib melakukan diet ketat karena agar bisa mengatur keseimbangan cairan dan elekrolit dalam tubuh, sehingga ginjal akan bisa beraktivitas normal kembali.

Biasanya penderita gagal ginjal di ketahui tingkat keparahannya ketika belum pernahnya ia melakukan cuci darah, atau seberapa sering ia melalukan dialisis atau cuci darah tersebut .

Nah bagi anda yang belum pernah melakukan cuci darah, itu berarti ginjal anda tidak telalu parah mengalami masalah. Dan dianjurkan untuk melakukan diet rendah protein yaitu sekitar 40-45 gr/hari.

Berikut adalah makanan sehat untuk penderita gagal ginjal :

1. Kubis

1/2 cangkir kubis hijau cukup di konsumsi dalam satu hari saja bagi penderita gagal ginjal. Kandungannya antara lain : 60 mg sodium, 60 mg kalium, 9 mg fosfor. Selain itu kaya akan serat, vitamin C, B6 dan K, juga snagat rendah kalium. Jadi sangat cocok sekali bagi penderita gagal ginjal.

Kubis mengandung senyawa fitokimia, yang berfungsi sebagai antioksidan. Atioksidan berperan sebagai radikal bebas. Kemudian Sulfuraphane berperan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker di paru paru, usus besar, kantung kemih, prostat, payudara, dan ovarium. Kemudian phytochemical yang berperan untuk melawan kanker dan menjaga kesehatan jantung.

2. Bawang

1/2 cangkir bawang cukup untuk di konsumsi oleh penderita gagal ginjal dalam satu hari. Kandungan 1/2 cangkir bawang meliputi 116 mg kalium, 3 mg sodium dan fosfor 3 mg.

Bawang kaya akan zat flavonoid, quercetin, dan antioksidan yang dapat mengurangi penyakit jantung, dan juga rendah kalium sehingga baik untuk kesehatan ginjal. Terutama untuk bawang merah, karena mempunyai zat antioksidan dan antipembekuan yang dapat mengurangi penyakit jantung juga berfungsi sebagai penawar racun dalam tubuh, dan membersihkan ginjal.

3. Paprika merah

1/2 cangkir paprika merah cukup untuk di konsumsi oleh penderita gagal ginjal dalam satu harinya. Dan mengandung 88 mg kalium , 1 mg sodium dan fosfor 10 mg. Paprika merah mengandung serat yang tinggi kemudian vitamin lainnya yaitu Vitamin A, B6, dan asam folat. Konsumsi p-aprika merah juga semuanya cocok untuk penderita gagal ginjal, bisa di jadikan saus, di jadikan salad, ataupun di pangggang.

4. Kecambah atau Toge

Kecambah merupakan sayuran yang memiliki kadar rendah lemak tetapi kaya vitamin A, B dan C serta serat, protein dan folat yang berkhasiat dapat memperkecil timbulnya penyakit kardiovaskuler dan merendahkan kadar lemak jahat dalam darah. Kecambah mengandung senyawa fitokimia yang bernama kanavanin, yang berperan sebagai pencegah kanker, dan juga dapat memperlancar pencernaan dan baik untuk ginjal. Senyawa lainnya juga terdapat genistein dan daidzein.

5. Ikan yang kaya akan omega3

Untuk diet sehat penderita gagal ginjal di sarankan hanya konsumsi 3 ons ikan saja dalam seharinya. Dan di sarankan ikan yang di pilih adalah salmon atau tuna, karena mengandung omega 3 yang tinggi juga dalam 3 ons salmon mengandung 50 mg sodium, 368 mg kalium dan fosfor 274 mg. kaya omega 3 yang terdapat dalam salmon dapat mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga dapat melindungi ginjal dari berbagai penyakit.

6. Putih telur

Bagi penderita gagal ginjal atau penyakit gijal lainya. Di sarankan untuk konsumsi putih teolur nya saja tanpa memakan kuning telur. Karena putih telur mengandung protein yang tinggi dan kadar fosfor yang lebih sedikit, dan bagus untuk kesehatan ginjal, sebaliknya, kuning telur malah tidak cocok untuk penderita penyakit pada ginjal.

7. Bunga kol

Bunga kol merupakan sayuran yang rendah kadar kalium dan sodiumnya, juga kata akanzzat indoles, glucosinolates dan tiosianat yang berungsi menetralkan racun racun yang ada dalam tubuh. Dan bunga kol ini di kenal sebagai musuh bagi senyawa beracun pada tubuh.

8. Berries

Jenis berries apapun seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan cranberries. Buah buahan yang mungil ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, buah bauahan yang kaya akan zat antiinflamasi ini dapat meningkatkan fungsi kandung kemih dan mengurangi peradangan pada ginjal. Selain itu merupakan anti kanker dan antioksidan.

9. Anggur Merah

Buah yang banyak di gemari ini selain rasanya yang enak juga mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan kita. Mengandung senyawa antioksidan yang bernama flavonoid, dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menstabilkan darah, anti kanker dan mencegah penuaan dini serta dapat menetralisir zat racun yang berada dalam tubuh.

10. Buah Apel

Apel memang sangat bermnfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Terutama untuk ginjal, buah apel mempunyai sifat detoksifikasi yang dapat membersihkan ginjal dari zat beracun yang juga dapat membantu penyembuhan gagal ginjal, bahkan buah apel ini bisa mengahncurkan batu ginjal.

11. Buah Cherry

Buah mungil ini memang di dominasi di sukai oleh anak anak, karena warnanya yang indah dan juga bentuknya lucu. Ternyata buah cherry ini mempunyai khasiat yang banyak untuk kesehatan karen mengandung senyawa flavonoid dan poliphenol yang bersifat antioksidan, antiradang, antikanker. Cherry merupakan buah yang rendah kalium dan bersifat anti radang sehingga cocok sekali untuk di konsumi oleh penderita batu empedu.

12. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan manusia.Termasuk untuk kesehatan ginjal, karena minyak zaitun sumber asam oleat dan anti-inflamasi. Dan mengandung antioksidan yang dapat mencegah peradangan dan oksidasi.

13. Produk Moment Propolis

MomentPropolis adalah produk kesehatan yang membantu meredakan berbagai macam keluhan karena penyakit

Moment Propolis mengandung Bioflavonoid. Bioflavonoid adalah suatu nutrisi yang berfungsi membantu memperbaiki kerapuhan dan kebocoran salurah darah dan juga memulihkan sistem kapilari ( didalam 1 tetes kandungan biflavonoid propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan oleh 500 buah jeruk )

Inilah Komposisi Terbaik Kandungan Moment Propolis

Bioflavonoid merupakan pigmen warna yang ada dalam tumbuhan yang mempunyai kemampuan untuk melindungi tumbuhan dari pnyakit yng berfungsi sebagai :

  • Anti-Inflamasi (anti radang).
  • Anti- Neoplasma (tumor /kanker).
  • Memiliki aktivitas regulasi terhadap enzyme dan hormone didalam tubuh
  • Sebagai antioksidan untuk tubuh
  • Berguna untuk memperbaiki kinerja jantung.
  • Melindungi permeabilitas dinding pembuluh darah dan elastisitas
  • Mencegah dari berbagai radikal bebas dari jamur, virus dan bakteri
  • Berfungsi untuk menurunkan kadar lemak di dalam tubuh.

BERIKUT TESTIMONINYA

Untuk Pemesanan Dan Konsultasi

WA / SMS / TELP 0812 4917 3330

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *