13 Menu Makanan Untuk Penderita Batu Ginjal

Batu ginjal adalah proses dimana adanya bongkahan benda padat menyerupai tekstur batu yang ada di dalam saluran sekresi ginjal. Penyebab batu ginjal adalah adanya penumpukan dan pengkapuran dari berbagai zat sisa hasil dari sekresi oleh tubuh yang umumnya terbentuk oleh adanya jumlah kalsium yang berlebihan. Adanya terasa nyeri yang sangat hebat, penyumbatan saluran kemih dan adanya pendarahan di urin merupakan gejala awal penyakit batu ginjal.

Batu ginjal memang tidak langsung mengkristal dan menjadi bongkahan batu namun memiliki tahapan – tahapan tertentu. Proses dari pembentukan batu ginjal inipun tidaklah sebentar. Ukuran dari batu ginjal ini sendiri mulai dari yang kecil hingga akan berubah menjadi ukuran yang lebih besar dan pada akhirnya akan mengganggu fungsi dari ginjal itu sendiri.

Bahkan jika telah terkena batu ginjal tentunya anda harus lebih selektif dalam memilih menu makanan. Karena ada banyak makanan yang di hindari penderita batu ginjal.

Berikut Menu Makanan Untuk Batu Ginjal :

1. Bawang Putih

Penyakit batu ginjal, maka disarankan agar memperbanyak dalam mengkonsumsi bawang putih ini. Karena bawang putih akan membantu mengembalikan kesehatan ginjal yang memburuk.

Bawang putih dapat berfungsi sebagai suatu bahan makanan yang dapat mencegah proses pembekuan darah dan dapat memperlambat serta mencegah terjadinya suatu proses oksidasi. Selain mengkonsumsi bawang putih yang terdapat pada berbagai menu makanan tertentu, menjadikan bawang putih sebagai lalapan juga suatu yang disarankan. Bawang putih baik untuk mengatasi proses peradangan dan juga menurunkan kadar kolesterol.

2. Touge atau Kecambah

Touge merupakan salah satu sayuran sehat yang di perbolehkan dikonsumsi oleh penderita penyakit batu ginjal. Batu ginjal akan di bantu di bersihkan oleh sayuran kecambah atau touge ini. Namun, sangat disarankan agar mengkonsumsi touge ini dalam keadaan belum di olah atau keadaan mentah. Namun, rasa dari kecambah maupun toge yang masih mentah ini tetap terasa nikmat untuk di konsumsi.

3. Mentimun

Sayuran yang di namai cucumis sativus atau mentimun ini telah di teliti dan di yakini memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan ginjal dan juga bagus untuk menghancurkan batu ginjal. Penelitian juga mengungkapkan bahwa mentimun sangat baik untuk di gunakan dalam mengurangi adanya pembentukan dari batu ginjal.

4. Sayuran Bayam

Mengingat kandungan zat besi, kalium, berbagai vitamin, magnesium, seng dan kalsium yang terkandung di dalam bayam. Para penderita batu ginjal bahkan di sarankan untuk meminum jus dari bayam yang bisa di konsumsi dalam 3 kali setiap harinya.

5. Buah Melon

Melon di yakini sangat ampuh untuk memecahkan berbagai jenis batu ginjal yang telah terserap melalui urin. Buah melon sangat dianjurkan di konsumsi oleh para penderita batu ginjal tiap harinya. Melon merupakan buah untuk batu ginjal yang di anjurkan.

6. Kentang

Kentang merupakan makanan yang sudah semestinya di masukan kedalam menu makanan harian para penderita batu ginjal. Karena kentang memiliki banyak manfaat yang bagus bagi mereka. Hanya saja, hindari konsumsi kentang yang berlebihan jika anda memiliki komplikasi diabetes.

7. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi dan berfungsi bagi kesehatan untuk kesehatan ginjal. Kandungan dari vitamin C dan Vitamin A yang dimiliki oleh buah apel dapat membantu dalam melarutkan berbagai jenis dari batu ginjal. Cukup dengan konsumsi apel setiap harinya, maka para penderita batu ginjal akan merasakan dampak yang sangat bagus. Anda bisa memvariasikan cemilan apel dengan menjadikannya sebagai jus apel jika merasa bosan. Tapi sertakan bagian kulit agar kandungan nutrisi yang banyak terdapat pada bagian kulit tidak hilang percuma.

8. Buah Semangka

Jika anda sangat malas dan sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum air putih, maka tidak ada salahnya mengkonsumsi semangka. Semangka merupakan buah yang memiliki banyak kandungan air. Semangka di yakini bisa membantu dalam membersihkan ginjal dan membantu dalam peluruhan dari berbagai jenis batu ginjal yang anda miliki.

9. Bawang Merah

Bawang merah juga baik loh untuk ginjal selain mengkonsumsi bawang putih. Bawang merah di yakini efektif dalam proses pembersihan ginjal dan pembersihan racun di tubuh.

10. Paprika Merah

Selain manfaatnya untuk kesehatan ginjal, paprika merah ini juga sangat baik untuk mengatasi dan mencegah adanya perkembangan dari sel – sel kanker yang ganas. Ini merupakan buah parika yang mengandung lebih sedikit kalium ketimbang buah – buah paprika yang lainnya. Paprika merah sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal karena kandungan vitamin B6, sam folat, Vitamin C dan seratnya.

11. Minyak Zaitun

Sifat anti oksidan, anti inflamasi dan kandungan dari asam lemak yang di milikinya akan membantu dalam proses menjaga kesehatan organ ginjal. Cobalah menggunakan minyak ini untuk memasak makanan sehari – hari.

12. Labu atau Kubis

Kubis dapat menjadi sumber karbohidrat sehat bagi ginjal dan merupakan sayuran dengan banyak kandungan vitamin. Labu dan kubis dapat menjadi sumber kabohidrat pengganti dimana para penderita batu ginjal di sarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi nasi, gandum, dan ubi – ubian.

13. Berbagai jenis rempah

Walaupun para penderita penyakit batu ginjal asupan kalorinya di batasi, namun dapat di akali dengan menggunakan rempah – rempah. Khususnya dalam pemakaian ketumbar, kunyit dan jahe. Dimana keseluruhan jenis rempah – rempah tersebut memiliki fungsi sebagai penjaga kesehatan organ ginjal, memurnikan darah dan membersihkan ginjal.

Demikianlah 13 menu makanan untuk batu ginjal yang telah kami rangkum di dalam artikel ini. Sebaiknya anda juga melakukan terapi pengobatan selain dengan melakukan diet dengan ragam menu yang di sajikan di atas. Memperbanyak konsumsi cairan atau dengan minum air putih juga salah satu yang sangat di anjurkan. Dimana air akan membantu dalam proses pelarutan batu ginjal yang telah dipecah sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *