15 Obat Alami Untuk Penderita Diabetes

Menurut hasil survey, Indonesia termasuk dalam 10 negara dengan penderita diabetes terbanyak. Diabetes umumnya disebabkan oleh faktor genetik, tekanan darah yang tinggi, jantung yang bermasalah, kegemukan (obesitas), dan gaya hidup tidak sehat. Gejala diabetes melitus yaitu cepat lapar walau sudah makan, terlalu sering haus, buang air kecil terlalu sering, mata menjadi tidak jelas atau buram saat melihat, mudah lelah, sering merasa sakit pada bagian tubuh tertentu, sering kesemutan atau mati rasa umumnya pada tangan atau kaki serta badan lebih kurus.

Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang menyebabkan kondisi kadar gula dalam darah penderita menjadi tinggi. Penyebab kondisi seperti itu yakni tidak adanya hormon insulin di dalam pankreas sehingga proses pengubahan glukosa dalam darah menjadi terganggu. Diabetes terbagi menjadi beberapa jenis namun jenis diabetes yang umum diketahui yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 termasuk jenis diabetes yang parah karena pankreas tidak dapat menciptakan hormon insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 termasuk diabetes yang belum parah karena pankreas masih bisa memproduksi insulin namun sel-sel tubuh tidak bisa insulin tidak bisa berfungsi secara normal.

Para ahli medis masih belum dapat menemukan obat untuk menyembuhkan diabetes secara total. Penanganan medis hanya bisa menjaga kadar gula darah menjadi stabil. Hal-hal yang dilakukan adalah suntik insulin dan pemberian obat kimiawi. Para penderita diabetes tidak usah khawatir karena ada obat alamiah yang bisa menyembuhkan diabetes. Tanaman herbal menjadi solusi paling tepat karena bisa memperbaiki pankreas dan sel-sel dalam tubuh juga akan berfungsi lebih baik.

Berikut ini obat alami diabetes paling ampuh yang bisa Anda coba:

1. Tanaman Keladi Tikus

Keladi tikus atau talas kunting dalam bahasa jawa bisa menyembuhkan diabetes. Tanaman keladi tikus ini juga bisa menyembuhkan penyakit kronis lainnya seperti kanker atau tumor. Tanaman ini mengandung Ribozome Inactivating Protein yakni zat yang bisa meregenerasi sel-sel tubuh sehingga fungsi sel-sel tubuh yang dapat mengubah glukosa menjadi normal seperti semula. Namun Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi tanaman ini karena mengandung racun atau toksin.

2. Manggis

Cara menurunkan diabetes secara alami selanjutnya adalah dengan buah manggis. Buah ini dapat menyembuhkan diabetes yang sudah terkenal sejak lama. Manggis mengandung senyawa xanthones yang bisa memperlambat terjadinya alpha-glukosidase. Alpha-glukosidase yaitu proses zat karbohidrat berubah menjadi glukosa yang dilakukan oleh enzim. Ketika proses tersebut terhambat maka kadar gula dalam darah menurun.

3. Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung kalium, fosfor, kalsium, vitamin C dan serat dalam jumlah banyak sehingga dapat memperbaiki kinerja pankreas dan sel-sel dalam tubuh. Ada dua cara untuk menurunkan diabetes yaitu cara basah dan kering. Cara basah dengan merebus daun sirsak dalam air panas dan air rebusannya diminum. Cara kering dengan menjemur daun sirsak lalu digiling atau ditumbuk hingga menjadi serbuk. Setelah itu serbuk tersebut dapat diminum dengan diseduh menggunakan air hangat.

4. Brotowali

Cara mengobati diabetes secara tradisional selanjutnya adalah dengan daun brotowali. Pada zaman dahulu, orang-orang sudah memakai tanaman ini untuk obat diabetes. Bagaimana caranya? Rebuslah batang brotowali kemudian air rebusan tersebut diminum. Agar rasa pahitnya berkurang maka tambahkan madu ke air rebusan itu karena madu juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Mengkudu

Buah untuk penderita diabetes yang baik untuk dikonsumsi, karena dapat membantu menurunkan kadar gula darah, salah satunya adalah buah mengkudu. Jangan salah, buah yang bau dan rasanya tidak enak ini ternyata mampu mengobati diabetes. Mengkudu memiliki kandungan zat proxeronin yang memperlebar pori-pori sel tubuh sehingga fungsi sel-sel tubuh membuat glukosa menjadi lebih baik.

6. Kemangi

Tanaman yang daunnya biasa dilalap ternyata mampu menyembuhkan diabetes karena mangandung zat yang mempermudah kerja insulin untuk konversi glukosa menjadi energi sehingga kadar glukosa dalam darah akan menjadi normal.

7. Daun Sambiloto

Daun sambiloto juga pahit seperti brotowali dan mahkota dewa. Daun sambiloto bisa menyembuhkan diabetes karena terdapat flavonoid yang mempermudah pankreas untuk menghasilkan hormon insulin. Bagaimana caranya? Rebus daun sambiloto ini, lalu air rebusannya diminum. Untuk mengurangi rasa pahit maka tambahkan madu yang juga baik untuk tubuh.

8. Kayu Manis

Kayu manis lebih dikenal untuk bumbu masakan. Rasanya yang agak manis sesuai namanya memang bisa menyedapkan makanan namun sebenarnya kayu manis juga bisa mengobati diabetes. Cara mengonsumsinya dengan memasukkan batang kayu manis atau serbuknya ke masakan sehingga makanan Anda tidak hanya enak tetapi juga menyehatkan.

9. Ginseng

Ginseng bisa menyembuhkan diabetes karena terdapat zat yang bisa membuat kadar gula darah lebih stabil karena jumlah zat insulin meningkat. Ginseng biasa dikonsumsi untuk menyehatkan tubuh karena bisa meningkatkan vitalitas dan stamina.

10. Mahkota Dewa

Mahkota dewa juga rasanya pahit namun ternyata bisa menyembuhkan diabetes. Cara untuk konsumsi tanaman ini yaitu rebus buah mahkota dewa, kemudian air rebusannya diminum.

11. Daun Mangga

Daun mangga efektif menyembuhkan diabetes mellitus. Kandungan senyawa yang terkandung pada daunnya bisa mengembalikan fungsi pankreas untuk menghasilkan insulin sehingga kadar gula darah lebih terkontrol. Terdapat senyawa tarakserol -3 beta dan etil asetat yang menormalkan produksi hormon insulin sehingga kadar gula darah menjadi normal. Cara penggunaannya yaitu rendam 2-3 helai daun mangga selama 12 jam. Kemudian saring air rendaman tersebut dan minumlah airnya secara rutin.

12. Daun Salam

Daun salam berkhasiat untuk memperlancar sirkulasi darah dan sistem metabolisme glukosa sehingga kadar gula darah menjadi normal (diabetes teratasi). Daun salam mengandung senyawa seperti tannin, eugenol, dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam waktu cepat. Daun salam juga bisa melancarkan peredaran darah sehingga proses pengolahan glukosa menjadi energi lebih maksimal. Cara menggunakan daun salam untuk mengatasi diabetes sangat mudah. Rebus 5-7 helai daun salam dengan air sebanyak 3 gelas dan minumlah secara teratur.

13. Tapak Dara

tapak daraBerdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli di California, tapak dara mengandung sebanyak 70 jenis alkaloid yang bisa mengurangi kadar gula yang berlebih dalam darah. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dengan ciri-ciri yaitu berdaun tebal, bunga berwarna merah keunguan dan putih pada setiap ujung daunnya. Bagian daun tanaman tapak dara bisa menyembuhkan diabetes karena mengandung lebih dari 70 macam senyawa alkaloid yang menurunkan kadar gula darah. Cara penggunaan daun ini yaitu rebus 15 helai daun tapak dara dengan ukuran 3 gelas air. Lalu diamkan hingga menyusut dan airnya tersisa 1 gelas saja. Kemudian Anda bisa meminumnya sebanyak 2 kali sehari.

 

14. Kunyit

Kunyit sesuai dengan nama latinnya yaitu curcuma, mengandung curcumin yang menghasilkan zat berwarna orange yang dapat menyembuhkan berbagai masalah pada darah terutama diabetes.Curcumin bisa menurunkan kadar gula dalam darah sehingga ampuh untuk mengatasi penyakit diabetes. Cara menggunakan kunyit sebagai obat diabetes yaitu sediakan 100 gram kunyit berwarna orange pekat (empu kunyit). Kupaslah kunyit-kunyit itu lalu cuci hingga bersih. Kemudian rebus kunyit dan beri sedikit garam agar rasanya tidak terlalu hambar. Setelah air rebusan mendidih, angkatlah dan dinginkan ramuan tersebut. Jangan lupa untuk menyaring air kunyit itu, kemudian minumlah 1 gelas setiap pagi dan sore secara teratur hingga gula darah kembali normal.

15. Sayur Buncis

Sayur buncis tentu biasa dimakan bersama nasi dan lauk pauk ternyata cukup ampuh untuk menyembuhkan diabetes. Sayur buncis mempermudah proses pembuatan insulin yang bisa mengontrol kadar gula darah karena buncis mengandung zat B-sitosterol. Cara mengolah buncis untuk menjadi obat diabetes yaitu rebuslah setengah kg sayur buncis dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih agar kuman dan bakteri mati. Kemudian angkat buncis dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, minum 1 gelas pada pagi hari dan 1 gelas pada malam hari. Lakukan hal ini setiap hari hingga kadar gula darah kembali normal.

Pada hakikatnya tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Penyakit layaknya musibah yang datang akibat perbuatan manusia yang tidak baik. Jika pengobatan tidak diiringi dengan gaya hidup sehat tentu tidak akan berhasil dengan mudah dalam waktu yang cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *