4 Jenis Makanan Penderita Batu Ginjal Yang Wajib Dihindari

Penyakit itu akan menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman sehingga penderita sering membutuhkan perawatan. Tapi ini termasuk jenis penyakit yang masih bisa diobati pada tahap awal sebelum infeksi merusak ginjal atau menyebabkan gagal ginjal. Resiko terbanyak batu ginjal lebih banyak terjadi pada perempuan.

Fungsi ginjal pada umumnya membersihkan darah ­tiap hari dengan menyaring zat-zat lim­bah yang terdapat di dalamnya untuk sela­njutnya dibuang dalam bentuk urine. Te­rkadang zat-zat tersebut kadarnya terlal­u banyak dibanding cairan yang berfung­si sebagai pelarut sehingga tidak dapat ­sepenuhnya terbuang oleh tubuh dan mengendap di dalam ginjal.

Sedangkan Batu ginjal dalam istilah medis disebut dengan nefrolitiasis, adalah suatu kondisi dimana terdapat material keras didalam organ ginjal. Material keras seperti batu itu adalah sisa dari zat yang mengendap dan semakin lama menjadi kristal. Endapan ini bisa disebabkan karena makanan, adanya penyakit lainnya. Kurang minum air putih, faktor genetik / riwayat kesehatan keluarga, obesitas, konsumsi obat-obatan tertentu, efek samping dari operasi sebelumnya khususnya operasi pencernaan, menjadi faktor pemicu munculnya batu ginjal.

Menjadi sebuah keharusan bagi anda yang divonis menderita sebuah penyakit berat untuk melakukan diet atau menyeleksi asupan makanan dalam tubuh. Begitupun bagi anda penderita penyakit ginjal. Ginjal yang merupakan organ vital dalam tubuh sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kita selama kita hidup.

Ketika menderita penyakit ginjal, jenis makanan untuk penderita penyakit ginjal wajib anda hindari dan masukkan dalam diet anda.

Berikut adalah beberapa kriteria makanan yang harus anda hindari :

  1. Membatasi cairan
  2. Makan diet rendah protein
  3. Membatasi garam, kalium, fosfor, dan elektrolit lain
  4. Mendapatkan cukup kalori jika anda kehilangan berat badan

Ginjal yang sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat dan ginjal yang tidak sehat akan menghasilkan tubuh yang tidak sehat.

Berbagai penyakit ginjal dapat datang dengan berbagai sebab seperti pola hidup khususnya dalam hal asupan makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Untuk membantu pengobatan, makanan bagi penderita ginjal juga harus diseleksi atau dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *