4 Makanan Pemicu Batu Ginjal

Penderita penyakit ginjal saat ini terus bertambah banyak, penyakit ini memang rentan menyerang siapa saja karena pemicu utama penyakit ini adalah kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat terutama soal makanan. Ginjal sendiri merupakan organ yang sangat vital sekali, karena ginjal memiliki fungsi sebagai filter untuk racun dan cairan berlebih dalam tubuh.

Batu ginjal bisa terbentuk karena beragam hal diantaranya karena kelebihan garam, kalsium, kekurangan cairan hingga asam urat. Batu ginjal memang bisa disembuhkan dengan beragam cara pengobatan namun penyakit ini dikenal cukup rentan mengalami kekambuhan.

Nah untuk mencegah penyakit ini sebaiknya hindari makanan pemicu batu ginjal, berikut ulasannya.

1. Minuman Soda

Soda merupakan minuman yang enak tapi dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh. Bijaklah saat menkonsumsi soda sebab keseringan minum soda setiap hari bisa memicu pembentukan kristalisasi batu ginjal.

2. Makanan Tinggi sodium.

Modernitas membuat banyak produsen membuat makan tahan lama biasanya makanan tersebut adalah makanan kalengan, akan tetapi makanan kalengan biasanya mengandung pengawet dan sodium tinggi. Kedua bahan ini berbahaya sekali bagi ginjal karena bisa memicu pembentukan batu ginjal.

3. Makanan tinggi Protein

Jika kamu ingin membentuk tubuh maka kamu harus makan makanan kaya protein. Tapi sebaiknya pastikan anda tidak kelebihan asupan protein. Karena saat tubuh mengalami kelebihan protein makan bisa memicu batu ginjal.

4. Makanan tinggi lemak

Makan makanan yang mengandung lemak tinggi juga bisa memicu batu ginjal. Nah tentu anda harus menghindari makan makanan yang kaa lemak, selain karena menurunkan risiko pembentukan batu ginjal ini juga bisa membantu aanda terhindar dari masalah obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *