5 Cara Ampuh Untuk Merawat Kesehatan Rambut Supaya Sehat Dan Terawat

” Rambut adalah mahkota perempuan,” begitulah kata orang. Memang benar, wanita pada umumnya sangat peduli terhadap rambut mereka. Di sisi lain, banyak pria yang mulai merasa panik bila tanda-tanda kebotakan muncul. Selama ini, kebanyakan orang terlalu berpatok pada produk-produk kesehatan rambut (seperti shampoo, conditioner, dan lain sebagainya) dalam merawat rambut mereka. Padahal, makanan yang Anda makan juga mempengaruhi kesehatan rambut Anda.

Cara untuk merawat rambut Anda yang dapat dilakukan dirumah :

1. Pilih sampo yang cocok dengan jenis dan kondisi rambut

Seorang penata rambut di New York, Nunzio Saviano, mengatakan bahwa detoks rambut bisa diawali dengan memilih shampo yang benar. Pilihlah shampo yang mengandung selenium sulfida, asam salisiat atau zinc pyrithione yang bisa membantu mengelupas sel kulit mati di kulit kepala. Kulit kepala yang sehat dan bersih merupakan salah satu unsur penting dari rambut yang indah dan sehat. Semakin bersih kulit kepala dari kelebihan minyak, debu dan kotoran, semakin sehat juga pertumbuhan rambut Anda.

2. Berhenti pakai alat-alat styling rambut

Banyak orang yang bergantung pada pemakaian alat styling rambut, seperti catokan, hair dryer, dan blow dryer untuk menata rambutnya setiap hari. Meski begitu, panas yang dihantarkan oleh alat-alat ini akan membuat rambut Anda cepat rapuh, kering dan kusam. Jika Anda ingin melakukan detoks agar rambut lebih sehat, kuat dan berkilau, coba hindari penggunaan alat uap panas yang bisa merusak helai rambut selama beberapa waktu, dan rasakan perubahannya pada rambut Anda.

3. Pakai baking soda

Penggunaan baking soda yang mengandung sodium bikarbonat bisa menjadi salah satu cara detoks rambut yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Kandungan baking soda dipercaya bisa membersihkan sisa-sisa produk kimia yang masih tertinggal di batang rambut. Cara menggunakan baking soda untuk detok rambut sangatlah mudah. Cukup tambahkan satu sendok makan bubuk baking soda ke dalam shampo yang akan Anda gunakan. Setelahnya usap ke rambut, khususnya batang rambut, lalu gosok dan bilas bersih setelahnya.

4. Pakai minyak zaitun

Sudah banyak diketahui kalau minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk untuk rambut. Ya, detoks rambut bisa Anda lakukan dengan bantuan minyak zaitun yang berfungsi melapisi rambut dengan melembabkan dan melindungi dari kerusakan. Caranya, panaskan satu sendok makan minyak zaitun hingga hangat, kira-kira panaskan 10-15 detik saja. Kemudian oleskan ke rambut yang masih kering dan tutup dengan penutup kepala yang terbuat dari plastik. Diamkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat dan shampo seperti biasa.

5. Pakai telur

Telur ayam, mengandung kandungan protein dan asam amino yang bisa membantu mengembalikan kekuatan, kilau dan volume rambut Anda. Masker telur juga dapat mencegah rambut bercabang akibat sering dicatok dan terkena uap panas. Cara memanfaatkan telur sebagai detoksifikasi rambut adalah dengan mencapurkan satu butir telur ke dalam wadah yang berisi shampo. Setelah dicampur, oleskan dan pijat campuran tersebut ke helai demi helai rambut Anda. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *