5 Gangguan Jika Lakukan Diet Cepat

Setiap orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Terutama bagi kaum hawa yang mendambakan tubuh yang langsing dan ramping dengan berat badan yang ideal. Bagi sebagian orang yang memiliki berat badan di atas normal atau kurang ideal, biasanya mereka mencoba melakukan berbagai cara dan upaya apapun untuk mendapatkan tubuh langsing atau ideal, seperti yang mereka dambakan. Salah satunya adalah dengan cara diet yang sehat dan juga alami.

Diet memang merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, akan tetapi ada sebagian orang yang menginginkan hasil yang cepat, sehingga mereka melakukan diet yang tidak sehat dengan mengkonsumsi obat diet berbahan kimia yang belum tentu aman bagi tubuh seperti obat – obatan pelangsing yang banyak bertebaran di social media atau dengan menggunakan metode sedot lemak. Hal itu dilakukan karena metode tersebut dapat menghilangkan lemak di tubuh dalam waktu yang singkat. Namun perlu kamu ketahui bahwa cara tersebut berbahaya bagi kesehatanmu.

Resiko dari Diet Cepat

Penurunan berat badan secara cepat cenderung tidak akan bertahan lama. Selain itu, orang menghilangkan berat badan dengan cepat akan beresiko mengalamai masalah kesehata senagai berikut :

1. Tubuh menjadi lemas dan mudah lelah

Pada umumnya, oran yang ingin menurunkan beratbadan dengan cepat akan makan dalam porsi yang lebih sedikit atau memaksakan diri untuk tidak makan sama sekali. Kondisi ini akan membuat tubuh kekuranfan kalori sehingga mudah lemas dan lelah. Otomatis akan menghambat aktivitas kamu.

2. Kurang nutrisi dalam tubuh

Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup seperti karbohidrat, vitamin, mineral, lemak dan protein dalam jumlah yang ideal agar dapat berfungsi dengan baik. Namun ketika ingin berat badan cepat turun, Kamu cenderung mengurangi ata bahkan menghilangkan beberapa nutrisi seperti karbohidrat dan lemak. Padahal tubuh kamu juga membutuhkan itu lho, agar tetap sehat dan tidak rentan terserang penyakit.

3. Rusaknya jaringan otot

Cara diet yang di lakukan dengan ekstrim dan cepat tidak membakar lemak, melainkan membakar otot – otot dalam tubuh sehingga merusak jarinngn otot tersebut.

4. Berat badan cepat naik kembali

Diet yang cepat tidak memberikan kesempatan untuk ,elatih tubuh membakar kaloru dalam jumlah banyak. Padahal untuk mencapai hasil yang bertahan lama,diperlukan perubahan gaya hidup secara bertahap dan menyeluruh, mulai dari berolahraga hingga pengaturan pola makan. Diet cepat membuat makanan yang kamu makan tidak terbakar secara optimal sehingga berat tubuh akan kebali naik.

5. Ganguan tubuh lainnya

Banyak penyakityang dapat menyerang kamu apabila melakukan diet dengan cepat, antara lain sakit kepala, konstipasi, rambut rontok, dan menstruasi yang tidak teratur.

Banyak orang yang merapkan cara diet yang sehat untuk memiliki tubuh dan berat yang ideal. Faktor utama yang harus kamu lakukan adalah mengatur pola makan. Tetapi sayangnya, banyak orang yang menganggap diet itu mengurangi porsi makan atau malah tidak makan sama sekali. Alih – alih mendapat tubuh langsing dan ideal yang diidamkan, malah tubuh menjadi tidak fit.

Perubahan pola makan secara mendadak untuk menurunkan berat badan secara cepat beresiko membuat kamu mengalami gangguan kesehatan. Usaha keras yang tidak sehat ini juga tidak memungkinkan perubahan gaya hidup berkelanjutan yang bertujuan untuk menjaga kestabilan berat badan ideal dalam jangka panjang. Maka berikut kesalahan yang pada umumnya kamu lakukan saat diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *