5 Langkah Cepat Mengobati Gigi Berlubang

Nyeri ringan sampai berat di gigi dan area sekitarnya seperti rahang umumnya disebabkan oleh kerusakan gigi. Rasa sakit mungkin datang dan pergi atau bisa juga konstan. Hilangkan nyeri dengan cara mengatasi sakit gigi di rumah.

Saat sedang sakit gigi, kemungkinan besar kamu akan merasakan gejala nyeri saat menggigit atau mengunyah. Gigi juga menjadi sangat sensitif terhadap suhu makanan, gusi dan pipi dekat gigi menjadi bengkak, gusi berdarah, dan nyeri nyut-nyutan di gigi.

Penyebab gigi berlubang adalah sisa makanan yang menetap di gigi. Oleh bakteri yang ada di mulut, sisa makanan ini diubah menjadi asam yang kemudian membentuk plak. Plak ini mengandung mikroorganisme yang mengikis email gigi, lalu akhirnya membuat gigi berlubang. Awalnya lubang gigi itu kecil dan tidak dirasakan oleh si penderita.

Hanya saja kalau makan sesuatu yang manis, sangat dingin, atau sangat panas, ia akan merasa ngilu. Dari hari ke hari lubang itu makin lama makin besar sehingga terjadi peradangan yang mengenai saraf gigi dan penderita pun mengalami sakit gigi. Selain karena gigi berlubang, sakit gigi bisa disebabkan tumbuhnya gigi geraham bungsu.

Cara mengatasi gigi berlubang seperti berikut ini :

1. Jika tak mau berobat, cobalah kumur dengan air hangat yang diberi garam. Cara ini lumayan dapat mengurangi rasa sakit.

2. Cara lain, ambillah kapas lalu celupkan ke minyak cengkih. Oleskan kapas itu ke gigi yang berlubang. Minyak atsiri yang terkandung di dalam minyak cengkih berkhasiat sebagai anestesi lokal sehingga dapat menghilangkan sakit gigi untuk sementara waktu.

Namun harus diperhatikan: Jangan sampai menggunakan cara ini tiga hari berturut-turut sebab akan melukai gusi.

3. Bila ingin menggunakan obat tradisional, ambilah daun jambu biji (Psidium guajava Linn). Cuci bersih lalu lumatkan. Taruh ramuan di gigi yang sakit. Sama seperti minyak cengkih, daun jambu biji mengandung minyak atsiri yang berkhasiat antiradang dan penghilang rasa sakit.

4. Jika ingin menggunakan obat bebas, bisa minum aspirin dan obat penghilang rasa sakit yang mengandung parasetamol, ibuprofen, dan mefenamat. Tapi obat-obatan ini biasanya hanya menghilangkan rasa sakit sementara. Setelah pengaruh obatnya berkurang, sakitnya muncul lagi.

5. Langkah terbaik adalah pergi ke dokter gigi. Dokter akan memeriksa sekaligus membersihkan gigi. Bila gigi abses, dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk menghilangkan peradangan dan obat penghilang rasa sakit.

Semoga gigi berlubang tak merepotkan lagi. Namun yang lebih penting adalah menjaga kebersihan mulut agar terhindar dari gigi berlubang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *