6 Makanan Yang Dapat Memperburuk Penyakit Batu Ginjal

Fungsi ginjal adalah membersihkan darah tiap hari dengan menyaring zat-zat limbah yang terdapat di dalamnya untuk selanjutnya dibuang dalam bentuk urine.

Terkadang zat-zat tersebut kadarnya terlalu banyak dibanding cairan yang berfungsi sebagai pelarut sehingga tidak dapat sepenuhnya terbuang oleh tubuh dan mengendap di dalam ginjal.

Kamu pasti pernah mendengar batu ginjal bukan? Batu ginjal terbentuk akibat mineral, racun, dan zat lainnya yang tak bisa tercerna dengan baik di dalam ginjal.

Pada sebagian besar kasus, penyakit batu­ ginjal dialami oleh orang-orang yang ­berusia 30-60 tahun. Diperkirakan 10 per­sen wanita dan 15 persen pria pernah m­engalami kondisi ini selama hidup mereka­.

Munculnya batu ginjal sangatlah menyakitkan. Para penderitanya diwajibkan untuk memperhatikan asupan makanan mereka agar semakin tak memperparah penyakit batu ginjal yang diderita. Lalu, makanan apa saja yang bisa semakin memperburuk penyakit batu ginjal?

Berikut ini makanan yang dapat memperburuk penyakit batu ginjal :

1. Bayam

Bayam kaya akan oksalat yang jika dikombinasikan dengan kalsium akan membentuk kristal kalsium oksalat atau batu ginjal. Sehingga dengan demikian konsumsi sayuran ini akan memperparah batu ginjal yang sudah ada.

2. Tomat

Tomat adalah sayuran lainnya yang juga kaya akan oksalat. Oleh karena itu penderita batu ginjal disarankan untuk tidak mengkonsumsinya.

3. Makanan laut

Dokter merekomendasikan penderita batu ginjal untuk menghindari asupan makanan laut karena jenis makanan ini tinggi purin. Bila kadar purin dalam tubuh meningkat, maka produksi asam urat juga meningkat dan menyebabkan batu ginjal.

4. Sodium atau garam

Penderita batu ginjal disarankan untuk mengonsumsi garam hanya 2.500 miligram per hari. Hal ini terjadi karena tingginya natrium bisa memperburuk batu ginjal.

5. Cokelat

Jika kamu seorang penderita batu ginjal, cobalah untuk mengurangi konsumsi cokelat yang berdampak negatif pada penyakit ini.

6. Teh

Teh mampu menjadi ancaman bagi mereka yang menderita batu ginjal sebab bisa memperparah penyakit ini.

Selain makanan di atas, beberapa contoh makanan lainnya seperti kacang polong, jambu biji, kacang tanah, atau ubi jalar juga mengandung oksalat dalam jumlah tinggi sehingga harus dikonsumsi penderita batu ginjal dalam jumlah yang wajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *