7 Cara Agar Terhindar Dari Bau Mulut

Banyak orang merasa minder atau tidak nyaman jika memiliki bau mulut, terutama jika harus berbicara dengan banyak orang. Bau mulut tak sedap dapat dialami oleh siapapun.

Bau mulut dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan HALITOSIS. Halitosis adalah keadaaan di mana seseorang mengeluarkan bau nafas tidak sedap yang berasal dari dalam mulutnya.

Biasanya ada beberapa kemungkinan penyebab bau mulut, bisa dari faktor luar maupun dalam tubuh. Faktor luar itu seperti adanya sisa makanan di dalam mulut. Sedangkan faktor dari dalam kebanyakan berasal dari masalah gigi dan mulut, di antaranya gigi berlubang, karang gigi, penyakit gusi, gigi retak, gigi palsu yang tidak dijaga kebersihannya dengan baik, dan berkurangnya air liur di dalam mulut (xerostomia).

Nah, ada yang pernah mengalami kasus-kasus seperti itu di dalam mulutnya? Kalau ternyata penyebabnya bukan berasal dari dalam mulut, kemungkinan bisa berasal dari bagian tubuh kamu yang lain seperti, kondisi alergi, radang kronis pada saluran pernapasan, gangguan pencernaan, dan beberapa penyakit dalam lainnya.

Nah, agar bau mulut dapat kita hindari, yuk simak beberapa tips berikut ini :

  1. Pastikan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut dengan menggosok gigi dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur.
  2. Berkumurlah menggunakan mouthwash dua kali sehari, setelah menyikat gigi di pagi dan malam hari. Nggak perlu khawatir mulut terasa menyengat setelah berkumur pakai mouthwash.
  3. Membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi menggunakan dental floss (benang gigi)
  4. Jangan lupa menyikat lidah, karena permukaan lidah yang tidak rata memungkinkan adanya sisa makanan menempel di sana.
  5. Usahakan sesering mungkin minum air putih. Hindari minum kopi dan usahakan menghentikan kebiasaan merokok, karena kandungan nikotin dan tar dalam rokok akan senantiasa menetap di dalam mulut.
  6. Mengunyah permen karet bebas gula, agar membantu merangsang produksi saliva (air liur), terutama untuk kamu yang memiliki saliva dengan konsistensi yang kental.
  7. Kunjungi dokter gigi segera. Mungkin ada gigi yang berlubang, karang gigi, atau masalah kesehatan mulut dan gigi lainnya yang bisa menyebabkan bau mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *