7 Langkah Mudah Mempunyai Tubuh Sehat

Kematian menjadi misteri terbesar yang sampai saat ini belum bisa dipecahkan manusia. Tidak ada yang pernah tahu kapan dirinya akan pergi meninggalkan dunia ini. Bisa saja hari ini, esok, ataupun lusa.

Ketidakpastian ini tentu membuat siapa pun sangat takut. Namun, dengan melalui serangkaian tes kesehatan, kita dapat mengetahui sejauh mana organ tubuh kita masih berfungsi. Apabila ada gejala kesehatan yang muncul, kita bisa melakukan penanganan dengan cepat agar tidak berakibat fatal nantinya.

Inilah 7 tes kesehatan yang harus Anda lakukan agar kesehatan tetap terjaga.

1. Mengecek Kesehatan Rahim

Kanker rahim atau biasa disebut kanker serviks sangat rentan terjadi pada kaum Hawa. Kanker ini bisa ditemukan pada sel atau dinding rahim. Untuk mengetahui gejala kanker rahim, perlu dilakukan yang namanya tes Pap Smear.

Tes ini bisa dilakukan orang yang sudah menikah karena secara alamiah sudah melakukan hubungan intim. Pemeriksaan lebih lanjut sangat diperlukan apabila salah satu anggota keluarga pernah mengidap penyakit HPV.

2. Mengecek Kesehatan Mata

Kemampuan mata untuk melihat lambat laun akan berkurang seiring bertambahnya usia. Lakukan check up mata minimal sekali dalam dua tahun untuk mengetahui gejala apa saja yang sudah terjadi pada mata. Apabila mata terdeteksi mengidap rabun jauh atau rabun dekat, kita juga lebih tahu untuk mengobatinya supaya rabun mata tidak semakin parah.

3. Mengecek Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual atau HIV/AIDS dapat menyerang siapa saja, terutama bagi mereka yang sering melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda. Di sisi lain, penyakit HIV juga bersifat menular. Apabila salah satu anggota keluarga mengidap penyakit ini, kemungkinan besar keturunannya juga akan mengidap penyakit yang sama.

Karena itu, alangkah baiknya jika Anda dan pasangan melakukan pengecekan penyakit menular seksual supaya segera diatasi dengan baik.

4. Mengecek Kesehatan Kulit secara Menyeluruh

Aktivitas di luar ruangan dengan intensitas sinar matahari yang tinggi tentu berbahaya bagi kesehatan kulit. Kondisi ini akan memicu terjadinya kanker kulit yang dapat diketahui dari gejala-gejala yang timbul. Misalnya, penuaan, flek hitam, timbulnya kutil, dan bercak-bercak berwarna kemerahan.

Agar ke depannya tidak berakibat fatal, segera periksakan ke dokter kulit yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Kalau kulit sudah terlanjur memiliki flek hitam, minta rekomendasi obat kulit yang pas untuk menghilangkan flek hitam tersebut dari dokter yang bersangkutan.

5. Mengecek Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Pola hidup yang tidak sehat dapat memicu terjadinya peningkatan kolesterol jahat. Dampak dari kolesterol jahat bisa memicu terjadinya penyakit stroke ataupun jantung. Pengecekan kadar kolesterol diperlukan untuk menghindari terjadinya penyakit komplikasi.

Uji kolesterol yang paling akurat adalah melalui tes darah. Lakukan pengecekan kadar kolesterol setidaknya sekali dalam lima tahun untuk mengetahui daftar riwayat kesehatan.

6. Mengecek Kadar Gula atau Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti masyarakat di seluruh dunia. Penyakit ini timbul akibat jumlah makanan yang dikonsumsi tidak sebanding dengan pergerakan yang dilakukan.

Diabetes rentan terjadi pada ibu hamil yang dampaknya juga akan dirasakan langsung oleh jabang bayi dalam kandungannya. Itulah sebabnya kenapa pemeriksaan kadar gula atau diabetes sangat penting dilakukan, terutama saat menjelang usia 40 tahun ke atas.

7. Mengecek Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut silent killer juga perlu diwaspadai sejak dini. Soalnya penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa memedulikan umur si pengidap. Kini pengecekan tekanan darah bisa dilakukan sendiri di rumah.

Namun, untuk hasil terbaik, ada baiknya ditangani langsung oleh dokter. Apabila hasil check up tekanan darah positif mengarah pada penyakit jantung atau stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *