7 Sayur Dan Rempah-Rempah Mengatasi Peradangan Pada Amandel

Amandel adalah sebuah tonsil yang terletak pada bagian kedua sisi bagian dalam tenggorokan. Fungsi dari amandel adalah untuk membantu meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh akibat infeksi dari bakteri atau virus yang masuk ke tubuh lewat saluran pernafasan. Ketika bagian amandel terkena infeksi maka bisa menyebabkan pembengkakan, sehingga peradangan amandel membuat rasa sakit. Umumnya bagian ini sangat sensitif terhadap infeksi sehingga anak-anak lebih mudah terkena peradangan amandel. Amandel bisa diobati dengan Rempah dan Sayur.

Berikut Rempah-rempah yang cocok dijadikan sebagai makanan untuk penderita amandel :

1. Cengkeh

Mulai mengkonsumsi cengkeh, anda bisa mencampurkannya sebagai pengkaya rasa pada bubur anda nan lembut, selain menambah rasa yang semakin kaya serta merangsang timbulnya nafsu makan pada lidah yang terasa pahit, khasiat di dalamnya pun juga bermanfaat dalam memerangi bakteri penyebab tonsilitis

2.Lada hitam

Sedangkan pada jenis rempah-rempah lada hitam dapat anda bubuhkan pada bubur, kentang tumbuk maupun sayuran yang anda konsumsi demi mengurangi gejala tonsilitis yang anda derita, tak berbeda jauh dengan cengkeh, rasa unik nan segar dari lada hitam mampu memunculkan nafsu makan pada orang yang sedang sakit radang.

3. Bawang putih

Anda bisa dapatkan antioksidan yang terkandung dalam bawang putih dengan cara merebusnya dalam waktu yang tidak terlalu lama bersama dengan kudapan sayur yang anda buat, selain menambah cita rasa bawang putih pun memiliki khasiat layaknya rempah lainnya dalam meminimalisir terjadinya peradangan yang diakibatkan oleh kuman.

4. Jahe

Sudah semenjak zaman dahulu jahe ini terkenal sebagai pemimpin jenis rempah-rempah dalam mengatasi segala permasalahan yang berhubungan dengan gangguan tenggorokan mulai dari tenggorokan gatal ataupun sakit semua mengkonsumsi wedang jahe demi meredakannya, begitupun juga yang terjadi pada tonsilitis ini konsumsi wedang jahe pun juga mampu membantu membersihkan peradangan pada tonsilitis secara bertahap sekaligus keberadaan lendir yang mengotori dan mengganggu kinerja anggota tubuh bagian sekitar tenggorokan.

5. Teh Hijau

Kandungan teh hijau dalam menangani peradangan bakteri pada tonsilitis tak kalah juga dengan berbagai jenis rempah di atas, teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi jenis polifenol dan disertai pula dengan katekin yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh utamanya demi mendongkrak sistem imunitas ataupun sistem kekebalan tubuh.

6. Madu

Sudah tak akan ada yang membantah jika madu ini dikatakan sebagai zat dengan beribu khasiat ya, kandungan madu dengan rasa manis alami yang menyehatkan mampu menambah asupan energi pada pasien secara signifikan, dan juga pastinya menambah kekuatan demi memaksimalkan fungsi sistem imunitas ataupun sistem kekebalan dalam menghalau mikroorganisme pengacau tubuh, dan yang terpenting kandungan madu dapat meredakan segala jenis peradangan secara ampuh.

7. Bayam

Selain termasuk dalam makanan yang mengandung serat tinggi, bayam memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga bisa dikonsumsi oleh penderita amandel. Anda bisa coba konsumsi sayur bayam saat anda menderita tonsilitis, kandungan seratnya yang lembut akan memudahkan kerongkongan untuk menelannya dan kemudian dicerna oleh tubuh, selain itu fungsi lainnya dari bayam yakni mampu memaksimalkan kinerja edaran darah menyebar oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh demi mengoptimalkan peranannya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *