8 Buah Baik Dikonsumsi Orang Sakit Gigi

Sakit gigi menjadi satu permasalahan yang sering dialami oleh kebanyakan orang saat ini. Selain rasa sakit yang begitu menyiksa, saat sakit gigi melanda tentu berbagai aktivitas pun terasa terbengkalai. Belum lagi saat digunakan untuk makan tentu rasa sakit justru akan semakin parah. Berbagai cara tentu anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit, mulai dari mengkonsumsi obat sakit gigi paling ampuh, memanfaatkan cara alami sebagai obat sakit gigi, hingga pergi ke dokter gigi.

Selain melakukan cara mengurangi sakit gigi di atas, ternyata ada beberapa buah yang dapat anda gunakan sebagai obat untuk menyembuhkan sakit gigi secara ampuh. Buah-buahan ini selain mudah untuk ditemukan, juga memiliki khasiat yang begitu ampuh untuk menghilangkan rasa sakit gigi yang tiba-tiba melanda.

Berikut adalah jenis buah untuk orang sakit gigi yang bisa dikonsumsi:

1. Buah Lemon

Manfaat lemon untuk gigi dan kandungan vitamin C yang tinggi menjadikan buah lemon dapat menjadi obat pereda sakit gigi. Buah ini selain dapat dijadikan sebagai minuman yang segar, ternyata juga dapat menjadi obat kumur alami untuk sakit gigi (baca juga: bahaya obat kumur). Caranya, ambil perasan buah lemon setelah itu campur dengan larutan air garam.

Gunakan sebagai obat kumut saat rasa sakit gigi melanda. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkannya secara langsung, yaitu dengan meneteskan air perasan buah lemon ke bagian gigi yang terasa sakit. Diamkan beberapa jam hingga rasa sakit hilang dengan sendirinya. Selain itu, buah lemon juga berkhasiat untuk cara menghilangkan noda hitam secara alalmi di gigi.

2. Jambu Biji

Buah untuk orang sakit gigi berikutnya adalah jambu biji. Ya, buah ini selain memiliki manfaat yang cukup besar bagi penderita DB, ternyata juga mampu meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang. Anda dapat memanfaatkan daun jambu biji maupun buahnya sebagai obat sakit gigi berlubang ampuh dan cepat.

Caranya cukup mudah saja, anda bisa langsung memakan jambu biji atau bisa juga di buat jus yang lebih mudah untuk ditelan. Selain itu, jambu biji juga bermanfaat sebagai obat tradisional sakit gigi untuk ibu hamil.

3. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang memiliki tekstur lembut dan rasanya yang sangat manis. Selain baik dikonsumsi setiap hari, buah pepaya juga memiliki manfaat lain sebagai makanan yang menyehatkan gigi. Kandungan vitamin C yang begitu tinggi juga dapat dimanfaatkan sebagai buah untuk sakit gigi berlubang parah. Caranya, anda cukup memakannya secara rutin atau bisa juga dibuat jus yang lebih segar.

4. Belimbing Wuluh

Selain buah pepaya, belimbing wuluh atau yang biasa dikenal sebagai belimbing sayur juga bermanfaat sebagai cara menghilangkan gigi berlubang besar sakit gigi. Rasa asam yang terkandung dalam buah inilah yang mampu meredakan rasa sakit gigi secara cepat dan alami.

Caranya, anda dapat memakan belimbing wuluh dan mengunyahnya hingga halus. Setelah itu sisihkan ke bagian gigi yang terasa sakit. Untuk mengurangi rasa asam buah ini anda dapat memakannya dengan campuran sedikit garam.

5. Jeruk Nipis

Buah yang satu ini selain mudah untuk didapatkan juga berkhasiat sebagai obat sakit gigi berlubang dan ngilu. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam jeruk nipis dapat anda gunakan untuk menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang.

Caranya pun sangat mudah, ambil buah jenuk nipis yang masih segar, kemudian teteskan air perasan jeruk nipis ke bagian gigi yang berlubang dan mengalami rasa sakit. Diamkan dalam waktu beberapa menit agar air perasan jeruk nipis meresap ke dalam. Selain itu, juga menjadi cara menghilangkan karang gigi dengan garam dan jeruk nipis.

6. Tomat

Selain kaya akan vitamin C, buah tomat juga bermanfaat untuk sakit gigi yang bisa saja menyerang secara tiba-tiba. Anda cukup memanfaatkan buah ini sebagai obat untuk meredakan rasa sakit gigi dan gusi bengkak pada ibu hamil. Caranya, cukup konsumsi buah tomat secara rutin atau bisa juga anda buat jus untuk mengurangi rasa sakit gigi yang teramat parah.

7. Alpukat

Dikenal sebagai buah yang kaya kandungan anti oksidannya yang tinggi. Buah alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi sakit gigi. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan alami yang dapat membersihkan bakteri penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang. Caranya, anda cukup mengkonsumsi buah alpukat setiap hari atau bisa juga dengan cara lainnya.

8. Apel

Selain bermanfaat sebagai makanan yang menguatkan gigi, apel juga dapat anda manfaatkan sebagai buah untuk mengurangi sakit gigi. Meskipun teksturnya yang sedikit keras, namun anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan cara lain. Misalnya saja dengan cara di jus terlebih dahulu atau bisa juga dengan cara lainnya. Minum jus buah apel secara rutin untuk mengurangi rasa ngilu dan nyeri akibat sakit gigi. (Baca juga: cara memutihkan gigi dengan cuka apel).

Saat sakit gigi melanda tentu berbagai cara sudah anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit yang begitu menyiksa. Beberapa buah untuk orang sakit gigi di atas pun juga dapat anda manfaatkan untuk cara meredakan rasa sakit gigi saat gigi tumbuh pada anak secara ampuh dan alami.

Demikianlah yang dapat disampaikan dalam artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *