8 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Batu Empedu

Makanan untuk melarutkan batu empedu adalah jenis jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi dalam upaya penyembuhan penyakit batu empedu yang menyerang seseorang. Batu empedu adalah penyakit yang menyerang empedu akibat kelebihan lemak dan kolesterol yang menggumpal dan menjadi batu di empedu. Jika hal ini terjadi, maka anda perlu mengetahui apa saja cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan batu empedu.

Batu empedu dapat anda hilangkan dengan cara dilarutkan. Pelarutan batu empedu ini tidak mudah dilakukan. Jika sudah tidak bisa dilarutkan, maka anda dapat melakukan pengobatan dengan cara operasi pengangkatan batu empedu. Daripada melakukan operasi, maka lebih baik anda segera mengkonsumsi banyak makanan yang baik untuk mengobati batu empedu ini ditambah dukungan olahraga untuk penderita batu empedu. Tahukah anda apa saja makanan yang bermanfaat untuk melarutkan batu empedu ini? Jika belum mengetahuinya, maka simaklah penjelasan di bawah ini.

Makanan untuk Melarutkan Batu Empedu dengan Mudah

Jika anda sudah terkena batu empedu, maka anda dapat melakukan cara pelarutan. Pelarutan dari batu empedu ini akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan dari beberapa jenis bahan dasar masakan dan makanan. Tahukah anda apa saja jenis makanan tersebut?

Berikut ini penjelasan mengenai khasiat 8 makanan tersebut.

  • 1. Air Kelapa Hijau

Makanan yang pertama yang harus anda konsumsi adalah air kelapa hijau. Air kelapa hijau memiliki kandungan untuk menghancurkan batu empedu di empedu anda. Cara konsumsinya adalah dengan memasak air kelapa hijau hingga benar benar mendidih. Lalu konsumsilah secara rutin.

  • 2. Beras Merah

Anda dapat mengonsumsi beras merah sebagai ganti beras yang biasa anda makan sehari-hari. Kandungan dalam beras merah sangat kaya akan antioksidan. Jika anda rutin mengonsumsinya, maka anda dapat membantu proses penghilangan batu di empedu anda. Beras merah pun diketahui termasuk dalam menu diet jantung koroner yang berbahaya.

  • 3. Brokoli

Selanjutnya, anda pun dapat mengonsumsi brokoli sebagai obat untuk batu empedu. Kandungan batu empedu ini kaya akan vitamin A dan juga vitamin C. Pastikan untuk selalu mengonsumsi sayur ini untuk memecahkan lemak dan menghilangkan batu empedu anda. Selain itu, brokoli pun menjadi makanan yang dianjurkan setelah operasi ginjal dilakukan.

  • 4. Lobak Hitam

Lobak hitam adalah jenis sayur yang baik untuk meningkatkan kadar HDL. Kadar HDL ini akan menurunkan kadar lemak yang membuat batu empedu lebih mengecil. Jadi anda disarankan untuk menjadikan lobak hitam sebagai obat dari batu empedu anda.

  • 5. Seledri

Sayuran seledri adalah sayuran yang mengandung banyak kandungan gizi. Kalsium, tembaga, dan natrium adalah kandungan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, anda pun dapat menggunakan senyawa antioksidan di dalamnya sebagai obat untuk menghancurkan batu empedu.

  • 6. Semangka

Buah yang memiliki banyak kandungan air, vitamin B6, dan vitamin C. Selain itu, senyawa likopen dalam semangka pun diketahui dapat membantu penderita batu empedu agar lebih kuat lagi. Batu empedu kemudian dapat menjadi lebih mengecil bahkan lebih larut kembali. Buah semangka juga termasuk dalam buah yang baik dikonsumsi setelah operasi usus buntu.

  • 7. Tomat

Sakit batu empedu pun dapat semakin mudah untuk disembuhkan jika anda rutin mengonsumsi tomat. Kandungan dalam tomat kaya akan potassium dan fosfor. Senyawa ini mampu memecahkan batu empedu yang mengganggu kesehatan anda. Oleh sebab itu, tomat juga termasuk dalam buah yang baik untuk sakit batu ginjal bagi penderita batu ginjal.

  • 8. Tuna

Ikan tuna sangat kaya akan protein. Kandungan protein dalam tuna ini baik untuk mengatur kadar kolesterol dan lemak pada diri anda. Sehingga batu empedu pun dapat semakin mengecil dan tidak lagi membesar.

Itulah tadi informasi mengenai 8 makanan untuk melarutkan batu empedu dengan mudah. Bahan bahan makanan ini aman untuk dikonsumsi dan upaya pelarutan batu empedu pun dapat lebih mudah dilakukan. Oleh sebab itu, pastikanlah untuk selalu menjaga kesehatan dengan selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan baik untuk organ tubuh anda. Selamat mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *