9 Aktivitas Yang Tidak Dilakukan Penderita Cacar Air

Penyakit cacar air atau dalam ilmu medis disebut dengan varisela merupakan suatu penyakit yang lebih umum diderita anak-anak yang berusia dibawah 10 tahun, tetapi kenyataannya penyakit ini juga banyak di derita oleh orang dewasa dan faktanya hampir semua orang pernah mengidap penyakit cacar air ini. Kebanyakan orang pasti sudah tahu apa itu penyakit cacar air yaitu muncul bitnik merah atau ruam pada kulit. Penyakit yang menyebabkan ruam melepuh pada kulit, disertai dengan gatal, kelelahan, demam bahkan tubuh menjadi lemas.

Penyakit satu ini terlihat seperti penyakit yang tidak berbahaya, tetapi sebenarnya penyakit ini adalah penyakit yang mematikan dengan periode inkubasinya berjalan 10-12 hari. Dalam masa seperti itu sebaiknya penderita dirawat secara intensif dan benar-benar diperhatikan asupan gizinya. Selain cara mencegah, ternyata ada juga aktivitas yang tidak boleh dilakukan oleh penderita cacar air, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak Boleh Keluar Rumah

Bagi Anda yang sedang mengalami gangguan kulit atau cacar air ini sebaiknya jangan melakukan aktivitas yang begitu berat apalagi sampai keluar rumah. Jika penderita cacar air sering keluar rumah maka akan menimbulkan alergi pada cacar dan menambah bintik-bintik cacar semakin banyak sehingga penyembuhannya nanti akan semakin lama.

2. Hindari Hawa Dingin

Selain dapat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh, ternyata hawa dingin juga akan membuat virus cacar air akan lebih mudah menyerang dan akan berkembang lebih banyak dalam melumpuhkan tubuh. Bagi orang yang sedang mengalami cacar, hawa dingin akan membuat bintik pada kulit semakin bertambah banyak, tidak kunjung kering dan semakin lama sembuhnya.

3. Jangan Berdekatan Dengan Orang Lain

Penyakit cacar air ini adalah sangat mudah menular, jadi untuk kamu yang tidak mendapatkan penyakit cacar air sebaiknya menjaga jarak atau menjauhkan diri dari orang yang menderita penyakit ini agar tidak tertular. Bagi penderita, hal ini juga menjadi pantangan meski hal ini tentu membutuhkan kesadaran dari penderita sendiri agar orang-orang terdekat penderita tidak ikut mengalami penyakit cacar air.

4. Jangan Bergantian Pakaian

Hindari pemakaian baju dan pakaian lainnya yang sama dan sudah dipakai oleh penderita penyakit cacar air. Hal ini biasanya umum dilakukan oleh anak kembar seperti menggunakan handuk yang sama, sapu tangan yang sama dan semua benda yang yang sama. Menghindari memakai pakaian yang sama yang sudah dipakai penderita penyakit ini ini adalah untuk menghindari penularan penyakit tersebut.

5. Jangan Terlalu Sering Terkena Air

Ruam atau luka yang disebabkan oleh penyakit cacar air akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengering jika ruam tersebut sering terkena air. Oleh karena itu, untuk penderita penyakit cacar air sebaiknya jangan terlalu sering mandi agar tidak menimbulkan iritasi yang lebih parah pada luka-luka akibat penyakit tersebut.

6. Hindari Angin

Sama halnya dengan air, jika luka cacar air sering sering terkena angin menimbulkan gatal yang berlebih dan akan memperlambat proses penyembuhan.

7. Hindari Memecah Bintil Cacar

Jika cacar air yang masih menggelembung dipecahkan secara paksa maka akan menimbulkan infeksi dan komplikasi. Biarkan luka itu pecah dan mengering sendiri, karena air yang terdapat pada bintik-bintik cacar juga akan menyebarkan virus lebih luas.

8. Jangan Menggaruk Bintil Cacar

Ruam atau bintik-bintik akibat cacar air jangan pernah digaruk, jika digaruk dengan tangan yang kotor malah memicu penyakit baru yaitu iinfeksi, dan infeksi tersebut sembuhnya akan lama. Namun saat Anda kuat untuk tidak menggaruk maka luka akan sembuh dengan sendirinya tanpa ada bekas.

9. Jangan Memakai Pakaian Ketat

Kenakanlah pakaian yang longgar dan berbahan katun agar gatal yang dirasakan akibat cacar air berkurang dan kulit terhindar dari keringat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *