Anak Mudah Menangis, Ini Cara Mendidik Anak Menjadi Tangguh

Anak-anak tentunya masih membutuhkan perhatian lebih dari orang-orang disekitarnya. Dan kadang kala untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya, anak-anak mengekpresikannya dengan cara menangis. Namun jika menangisnya terkesan dibuat-buat atau berlebihan, maka orangtua pun patut mengatasi atau mengendalikan kehendak sang anak.

Karena setiap anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah cengeng baik itu anak laki-laki atau pun anak perempuan tergantung individual masing-masing. Serta bagaimana pola asuh yang tepat sejak kecil memungkinkan anak memiliki sifat-sifat yang baik.

Berikut ini beberapa tips mendidik anak agar menjadi anak yang tidak cengeng.

  • Ajak Anak Berkomunikasi

Berkomunikasi adalah hal terbaik ketika seseorang tidak mengerti dengan apa yang kita inginkan. Tentu cara ini bisa kita gunakan dalam menghadapi anak yang cengeng, karena pada umumnya anak cengeng tidak mampu mengungkapkan apa yang dia inginkan dan ia rasakan. Ajarkan anak berbicara dan mengungkapkan apa yang di mau. Ajaklah anak berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman-temannya. Membangun komunikasi dengan anak adalah hal penting, dan ini akan sangat bermanfaat ketika anak kita sudah dewasa. Mereka akan lebih terbuka pada kita, dan menerima kita untuk menjadi teman curhatnya.

  • Beri ia waktu untuk menangis

Biarkan anak menangis dahulu dan beri mereka waktu atau Anda bisa membatasi anak untuk menangis. Jika dirasa sudah cukup hampiri mereka beri pelukan dan tanya dengan nada yang lembut. Jangan memberikan ancaman atau bentakan.

  • Abaikan rengekannya

Saat anak menangis ingin meminta perhatian atau barang, beri tahu ia bahwa tangisannya sia-sia. Jika ia tahu bahwa ia tidak akan mendapatkan keinginannya dengan tangisan, anak akan berhenti menangis.

Sebaliknya jika Anda selalu mengabulkan keinginannya setelah ia menangis, anak akan menggunakan air matanya sebagai senjata untuk meminta ini itu. Jangan terpancing emosi karena rengekan si kecil yang ingin sesuatu.

Tetaplah tenang dan konsisten dengan keputusan Anda dengan memberi ia pengertian bahwa apa yang ia inginkan belum bisa Anda berikan.

Semoga tips agar anak tidak cengeng di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *