Anak Rewel Saat Makan, Lakukan 6 Cara Supaya Anak Doyan Makan

Anak tak bisa dipaksa makan. Tetapi Anda bisa menciptakan kondisi yang membuat anak selalu berselera makan. Tumbuh kembang si kecil ditentukan oleh asupan makanan. Anda harus memastikan si kecil mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya.

Namun, kenyataannya anak sering rewel dan pilih-pilih makanan bahkan menolak makan. Dilansir dari berbagai sumber, beberapa siasat ini bisa Anda lakukan agar si kecil doyan makan.

1. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan wajib dilakukan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa atau pelaku diet, tapi juga berlaku untuk anak-anak. Sarapan yang sehat dan bergizi tinggi, dibutuhkan oleh anak setelah berpuasa semalaman. Selain itu juga dapat meningkatkan metabolisme dan nafsu makan anak.

2. Perhatikan asupan zat besi

Tingkat zat besi rendah dapat mengurangi nafsu makan anak. Beberapa laporan penelitian menunjukkan bahwa satu dari delapan balita cenderung menderita anemia sebelum usia 2 tahun.

Anak-anak di bawah usia 9 tahun membutuhkan sekitar 7 sampai 10 miligram zat besi perhari. Bagi anak yang berusia di atas 9 tahun membutuhkan sekitar 8 miligram zat besi perhari.

3. Berikan air putih 30 menit sebelum makan

Berikan segelas air putih pada anak sebelum makan. Mereka harus meminum air putih bahkan sebelum meminum susu. Sebaiknya minum air putih 30 menit sebelum makan.

Air merupakan cairan yang dapat membantu sistem pencernaan dan memiliki enzin yang dapat meningkatkan nafsu makan.

4. Tambahkan makanan kaya zinc

Zinc adalah mineral yang sangat penting. Zat ini memiliki banyak fungsi seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur antioksidan serta membantu tumbuh kembang tubuh.

Kekurangan zinc dapat mengurangi nafsu makan, mengurangi berat badan, diare, dan tubuh akan rentan terhadap infeksi. Anda bisa memberikan makanan tinggi zinc pada anak seperti biji labu, bayam, kacang-kacangan dan jamur.

5. Beri makan anak dua jam sekali

Anak-anak membutuhkan banyak energi untuk belajar, bermain-main sepanjang hari. Jika anak Anda pemilih makanan atau jarang merasa lapar bahkan tidak mau makan, sebaiknya Anda membawakan makanan dalam porsi kecil. Porsi kecil ini diberikan pada anak setiap dua jam sekali. Hal ini dapat merangsang nafsu makan mereka. Berikan juga camilan seperti kacang di sela waktu makan. Selain dapat meningkatkan nafsu makan, kacang tinggi protein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *