Asupan Nutrisi Otak Bayi Dimasa Kehamilan

Setiap pasangan suami istri pastinya menginginkan anak sehat dan cerdas. Bayi yang sehat bisa diartikan dengan memiliki bentuk fisik yang sempurna, berkulit bersih dan berambut lebat.

Karena kecerdasan otak anak sangat penting dibentuk sejak masih dalam kandungan agar setelah lahir nanti telah memiliki kemampuan untuk mengolah motoriknya dan mampu berfikir dengan kreatif lalu siap digunakan seiring bertambahnya usia.

Jaringan otak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasannya.

Untuk memperoleh bayi yang cerdas dan sehat, makanan yang dikonsumsi sang ibu saat hamil adalah salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan, karena dari makanan inilah nutrisi kepada janin akan disalurkan.

Nutrisi ibu hamil juga mendukung adanya perkembangan pada janin secara fisik, termasuk otaknya. Berikut makanana yang harus dikonsumsi saat ibu sedang hamil, Yuk simak langsung:

1. Makanan yang kaya omega-3

Asam omega-3 merupakan nutrisi penting untuk produksi sel-sel saraf bayi yang nantinya akan mengirimkan impuls elektrik ke otak dan mengirimkan pesan ke organ-organ tubuh lainnya. Dapatkan manfaat omega-3 dari ikan salmon, telur, biji rami giling, walnut, bayam, tahu, kacang-kacangan dan sereal yang diperkaya dengan zat besi untuk bayi yang sehat dan cantik.

2. Makanan Yang Mengandung asam folat

Suplemen kehamilan dengan asam folat harus secara rutin dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat merupakan nutrisi penting yang membantu membentuk sel otak serta menyediakan nutrisi seperti vitamin B12 yang membantu pembentukan sel darah merah pada perkembangan bayi. Selain itu, suplemen asam folat juga menyediakan vitamin C yang memproduksi kolagen untuk kecantikan kulit bayi serta vitamin D yang membantu pembentukan tulang. Makanan yang merupakan sumber nutrisi asam folat meliputi sayuran berdaun seperti bayam dan sereal sarapan yang diperkaya dengan zat besi serta asam folat.

3. Buah dan sayuran

Di dalam buah dan sayuran terdapat kandungan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan otak bayi. Dapatkan antioksidan dari pepaya, sayuran berdaun hijau tua, tomat dan bluberi. Bersihkan bagian luar sayuran dan buah sebelum dimakan agar janin mendapatkan nutrisi yang bebas kuman dan pestisida untuk fisik yang sempurna.

4. Makanan yang kaya akan zat besi

Selama hamil, konsumsi zat besi harus dilipatgandakan karena zat besi memegang peranan penting dalam menghantarkan oksigen kepada bayi. Kebanyakan ibu hamil mengawali kehamilan dengan tubuh yang kekurangan zat besi, yang membuat rahim kekurangan oksigen untuk janin. Alhasil, kurangnya oksigen membuat pertumbuhan IQ dan fisik bayi yang sempurna menjadi terhambat. Pastikan Anda tidak kekurangan zat besi selama hamil dengan banyak mengonsumsi ayam, sereal yang diperkaya dengan zat besi, kacang-kacangan dan daging sapi bebas lemak.

5.Diet yang kaya protein

Untuk pembentukan sel-sel baru dan hormon penunjang pertumbuhan bayi dalam kandungan, dibutuhkan asupan protein ekstra sebanyak 10 gram setiap harinya. Konsumsi yogurt di pagi hari, sup kacang-kacangan di siang hari dan 3 ons daging sapi bebas lemak yang baik untuk dikonsumsi di makan hari. Untuk camilan, mengonsumsi selai kacang yang dioleskan ke kraker asin dapat membantu bayi mendapatkan asupan protein yang cukup untuk pembentukan fisik yang sempurna.

Menyediakan nutrisi yang baik bagi bayi dapat menjamin bayi lahir dengan fisik yang kuat, sehat dan cantik. Selamat menjalani kehamilan yang sehat, Ibu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *