Bahaya Magic Com Yang Wajib Anda Ketahui

Magic com atau penanak nasi sudah sangat umum digunakan sebagai peralatan rumah tangga. Kepraktisannya dalam menanak nasi membuat magic com menjadi idaman para wanita dalam memasak nasi.

Cukup sekali sentuh, tunggu sejenak dan nasi pun matang. Sembari menunggu nasi matang, wanita bisa mengerjakan perkerjaan rumah lainnya. Benar-benar sangat membantu, selain itu model dan juga fungsinya pun makin beragam.

Namun di balik kepraktisannya itu, ternyata magic com menyimpan bahaya yang bisa memperburuk kesehatan. Selain itu bisa menyebabkan penyakit.

Dampak memasak nasi menggunakan magic com dengan suhu tinggi adalah karbohidrat dari nasi yang dipanaskan dengan suhu tinggi ini akan menghasilkan karbohidrat yang lebih tinggi daripada memasak nasi dengan cara tradisional. Sehingga bisa memicu peningkatan kadar gula darah jika dikonsumsinya, dimana jika gula darah meningkat, bisa menyebabkan penyakit diabetes. Padahal sebagian besar mahasiswa di Indonesia menggunakan magic com untuk menanak nasi. Ini tentu menjadi perhatian khusus tersendiri.

Lapisan anti lengket dalam magic com ini juga menjadi penyebab bahaya tersebut. Hal ini terjadi ketika anti lengket itu terkelupas dan bahkan sampai menyatu dengan nasi. Berikut penjelasannya.

Bahaya Bahan Lapisan Anti Lengket

Dalam proses produksinya, pembuatan lapisan antilengket menggunakan Perfluorooctanoic acid (PFOA), yang menyebabkan terjadinya polusi yang dapat merusak lingkungan, bahkan membunuh satwa seperti burung. Hasil penelitian dari US EPA (Lembaga Perlindungan Lingkungan AmeriKa, 09 Juli 2004).

Zat kimia atau metal yang ada dalam lapisan antilengket adalah perfluorooctanoic acid (PFDA). Yang apabila dikonsumsi  sangat berbahaya karena bersifat karsinogen yang dipercaya oleh US EPA dapat menyebabkan kanker

Canada Cancer Society mengatakan bahwa lapisan antilengket yang terbuat dari PTFE (polytetrafluoroethylene) apabila dipanaskan lebih dari 300 derajat Celsius akan melepaskan zat-zat berbahaya terhadap kesehatan, bahkan dapat membunuh seekor burung.

Solusi

Bila kita mau tetap menggunakan magic com untuk memasak nasi, sebaiknya gosok lapisan antilengket dengan kertas pasir yang halus (amplas/ambril)  hingga terkelupas, sehingga yang tertinggal hanya lapisan putih dari almunium itu saja.

Bila kita mau tetap menggunakan magiccom untuk memasak nasi, sebaikknya pilihlah magicom yang pancinya berbahan stainlees.

Itulah sedikit info mengenai bahaya masak nasi pakai magiccom, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *