Dampak Buruk Menjemur Pakaian Didalam Ruangan

Karena terbatasnya tempat yang terlalu sempit untuk menjemur pakaian, memang terkadang bisa membuat anda untuk lebih memilih menjemur pakaian di dalam ruangan. Apalagi bila dalam posisi yang mendesak layaknya hujan lebat, kondisi angin yang tidak tenang, sehingga bisa menjadikan pakaian yang anda jemur di tempat terbuka tersebut bisa terkena debu dan lainnya. Dari situ semua pastinya anda akan lebih memilih untuk menjemur seluruh pakaian yang anda cuci di ruangan tertutup.

Meskipun menjemur pakaian di ruang tertutup merupakan cara yang kurang efektif, tapi tetap saja masih menjadi pilihan bagi kebanyakan orang. Tahukah anda, bahwa bila menjemur pakaian dalam ruangan itu memiliki dampak buruk bagi kesehatan…?, Hal demikian memang suatu hal yang perlu dibahas secara detail, agar anda bisa lebih waspada agar tidak menjemur pakaian sembarangan, terutama di dalam ruangan. Dan inilah dampak buruk bagi kesehatan tubuh bila menjemur pakaian di dalam ruangan.

Dampak Buruk Menjemur Pakaian Didalam Ruangan

Terkadang Anda menggunakan pelembut kain setelah mencuci pakaian. Produk pelembut mengandung kadar acetaldehydes yang sangat tinggi. Perlu diketahui bahwa zat tersebut merupakan agen yang mampu menyebabkan kanker. Menjemur atau mengeringkan pakaian di dalam ruangan sangat tidak sehat karena tidak ada ruang bagi udara dari pakaian untuk terevaporasi. Menghirup udara ini akan sangat membahayakan.

  • Alergi

Ketika kelembapan terjebak di udara, jamur pun akan terbentuk. Karena itu lah Anda tidak disarankan menjemur pakaian di dalam ruangan karena jamur tersebut mampu menyebabkan masalah-masalah kesehatan mulai dari sinus, bronchitis, dan masalah pernapasan lainnya. Ini tentu saja berbahaya bagi anak-anak dan orang yang menderita alergi.

  • Beracun

Jika Anda menjemur pakaian di dalam ruangan selama beberapa waktu, jamur beracun juga mampu terbentuk. Ini sangat berbahaya terutama ketika terhirup. Jamur yang biasa terbentuk adalah stachybotryschartarum yang umum ditemukan di lantai, di antara keramik tembok dan pada bingkai jendela. Rumah yang memiliki sistem ventilasi yang buruk biasanya akan terekspose jamur beracun ini.

  • Asma

Menjemur atau mengeringkan pakaian dalam ruangan mampu meningkatkan level kelembapan ruangan yang akan menyebabkan debu yang menempel pun menjadi lebih banyak. Ini tentu berbahaya bagi penderita asma dan kondisi alergi lainnya.

  • Melemahkan sistem imun tubuh

Ketika jamur terus menerus terhirup, Anda bisa menderita infeksi atau sistem imun tubuh melemah. Ketika sistem imun bereaksi pada spora jamur, pernapasan bagian atas pasti akan terganggu dan sinus pun bisa menyerang. Hal tersebut juga pada akhirnya akan memicu timbulnya batuk, kelelahan serta iritasi pada mata dan tenggorokan.

Setelah mengetahui dampak dari menjemur pakaian dilama ruangan, Ada baiknya kita menjemur pakaian di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau setidaknya jarang ditempati manusia. Garasi yang sudah kosong karena kendaraan dipakai oleh semua orang bisa dipakai sebagai tempat jemuran pakaian cadangan. Jika tidak, kita bisa menambah atap di area halaman sehingga kita tetap bisa menjemur pakaian di luar ruangan tanpa takut terkena resiko terkena hujan. Jangan paksakan untuk menjemur pakaian di ruangan-ruangan layaknya ruang keluarga atau dekat dengan kamar tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *