Efek Buruk Terlalu Lama Memandang Laptop

Bekerja di depan komputer memang bisa mebantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Tapi, apakah Anda tau dampak dari semua itu? Ya, tentu saja jika Anda terlalu lama berada di depan komputer,apalagi sampai larut malam. Kebanyakan, orang memang menggangap remeh masalah kesehatan sehingga mereka berada di depan komputer dalam waktu yang cukup lama. Bukan hanya mereka yang bekerja di kantor, tapi dengan maraknya game online, chating dan browsing, hal ini membuat orang merasa lebih nyaman bermain komputer. Yang jelas, jika Anda berurusan dengan komputer atau laptop, pasti akan melupakan waktu.

Salah satu masalah yang sering dihadapi bagi mereka yang sering berada di depan komputer atau laptop adalah mata lelah. Tapi, sekalipun mereka mengalami hal demikian, tetap saja setiap hari mereka menggunakan komputer atau laptop. Banyak masalah kesehatan yang bisa menimpa Anda jika terlalu lama berada di depan komputer atau laptop.

Efek Buruk Terlalu Lama Memandang Laptop Bagi Kesehatan

1. Dermatitis
Laptop hangat di paha menimbulkan masalah lebih serius daripada yang Anda bayangkan. Sebuah studi dalam jurnal Pediatrics mengupas kasus seorang anak berusia 12 tahun yang mengembangkan kondisi kulit yang berubah warna kecoklatan, berbintik-bintik dan menyakitkan. Gejala yang secara klasik disebut erythema ab igne atau sindrom kulit terpanggang itu diakibatkan oleh penggunaan jangka panjang komputer laptop yang ditempatkan di atas paha. Artikel itu juga mencatat 10 kasus lain yang dilaporkan, dan kemungkinan masih banyak lagi yang tidak dilaporkan.

2. Pemanasan sperma
Sebuah artikel dalam jurnal Human Reproduction (2005) mengeksplorasi hubungan laptop panas dengan jumlah sperma yang berkurang pada pria. Ternyata panas dari laptop dapat menghangatkan sperma laki-laki ke titik tidak aktif. Kondisi ini, yang disebut hipertermia skrotum, berpotensi menjadi masalah besar, terutama karena laptop sangat populer di kalangan pria muda yang berusia produktif.

3. Masalah punggung, pundak dan leher
Risiko lain yang terkait laptop adalah nyeri punggung dan leher karena posisi tubuh yang buruk. Laptop tidak selalu ditempatkan di meja khusus seperti komputer biasa. Tanpa disadari, tidak jarang Anda terlalu membungkuk saat menggunakan laptop yang diletakkan di lantai, di meja kecil atau di pangkuan. Hal ini dapat menyebabkan masalah punggung dan leher. Selain itu, masalah pundak juga dapat muncul akibat membawa laptop dengan posisi yang tidak benar.Penggunaan tas selempang bisa memberatkan satu sisi pundak yang sering dipakai. Untuk melindungi tubuh Anda, sebaiknya Anda berinvestasi pada tas ransel bertali lebar dan berstabilitas tinggi yang dirancang khusus untuk membawa laptop. Anak-anak yang masih tumbuh terutama perlu diwaspadai agar tidak membawa-bawa laptop yang berat tanpa perlindungan memadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *