Gejala Dan Penyebab Diabetes Tipe 1

Definisi

Apa itu diabetes tipe 1?

Diabetes tipe 1 adalah kondisi di mana kadar gula (glukosa) di dalam darah menjadi tinggi. Diabetes terdiri dari dua tipe: Diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah penyakit jangka panjang (kronis).

Pada orang dengan diabetes tipe 1, tubuhnya tidak mampu memproduksi cukup insulin, yakni hormon yang diproduksi oleh sel beta di dalam pankreas. Insulin sangat penting perannya dalam mengontrol jumlah gula (glukosa) yang didapat sel tubuh dari darah.

Penderita diabetes mempunyai banyak sekali gula di dalam darah, namun tidak banyak gula yang dapat diserap oleh sel tubuh. Kondisi ini menyebabkan penyakit komplikasi yang cukup parah di organ lain seperti hati, mata, ginjal, sistem saraf, gusi, dan gigi.

Seberapa umumkah diabetes tipe 1?

Diabetes tipe 1 lebih jarang terjadi dibandingkan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 lebih sering diidap oleh laki-laki dibandingkan perempuan, terutama seseorang dengan masalah pankreas atau seseorang yang memiliki riwayat anggota keluarga yang juga pernah mengidap diabetes tipe 1. Sering kali dimulai pada usia 4 hingga 7 tahun dan 10 hingga 14 tahun.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala diabetes tipe 1?

Diabetes tipe 1 adalah kondisi yang gejalanya secara mendadak dan biasanya terdiri dari:

  1. Pandangan yang kabur
  2. Meningkatnya frekuensi buang air kecil
  3. Lebih cepat haus dan lapar
  4. Lebih mudah terinfeksi
  5. Rasa lelah yang menyerang setiap saat
  6. Luka yang lama sembuh
  7. Sering merasa kaku atau kesemutan pada kaki anda
  8. Berat badan yang semakin menurun

Penyebab

Apa penyebab diabetes tipe 1?

Diabetes tipe 1 adalah kondisi yang disebabkan oleh pankreas yang tidak memproduksi cukup insulin. Hasilnya adalah glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel untuk membantu tubuh menyerap energi sehingga kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi, menyebabkan hiperglikemia. Pada umumnya pertahanan dan sistem imun tubuh para pengidap diabetes akan menghancurkan sel beta pada pankreas, namun alasannya tidak banyak diketahui. Penyebab lainnya adalah terjadinya penyakit lain seperti cystic fibrosis yang mempengaruhi pankreas, operasi pengangkatan, dan peradangan yang parah pada pankreas.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya terkena diabetes tipe 1?

Diabetes tipe 1 adalah kondisi yang punya faktor pemicu, antara lain:

  1. Faktor Riwayat Keluarga
    Seseorang yang mempunyai orangtua atau saudara yang mengidap diabetes tipe 1 memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 1
  2. Faktor Keturunan
    Keberadaan gen tertentu meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 1
  3. Faktor Geografi
    Kemungkinan terjangkit diabetes tipe 1 meningkat saat Anda menjauhi garis khatulistiwa. Orang yang berdomisili di Finlandia dan Sardinia paling banyak terkena diabetes tipe 1, sekitar dua atau tiga kali lebih tinggi dibandingkan rata-rata yang terjadi di Amerika Serikat dan 400 kali lebih banyak dibanding orang-orang yang tinggal di Venezuela
  4. Usia
    Meskipun diabetes tipe 1 dapat muncul pada semua tingkat usia, namun penyakit ini biasanya terdeteksi mulai umur tertentu. Pertama pada anak-anak usia 4-7 tahun, kemudian pada anak-anak usia 10-14 tahun.Banyak faktor pemicu diabetes tipe 1 yang telah diteliti, meskipun tidak satu pun yang dapat dibuktikan.

Beberapa faktor pemicu lainnya antara lain:

  • Virus tertentu seperti virus Epstein -Barr, virus coxsackie, virus gondok, dan cytomegalovirus
  • Meminum susu sapi di usia terlalu dini
  • Kurangnya vitamin D
  • Meminum air yang di dalamnya terkandung natrium nitrat
  • Pengenalan makanan sereal dan gluten yang terlalu cepat (sebelum 4 bulan) atau terlalu lambat (setelah 7 bulan)
  • Memiliki ibu yang mengalami preeklampsia saat hamil
  • Orang yang saat lahir mengidap penyakit kuning

(hellsehatcom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *