Gejala dan Penyebab Hepatitis A

Hepatitis A adalah infeksi hati menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Virus ini merupakan salah satu dari beberapa jenis virus hepatitis yang menyebabkan peradangan dan memengaruhi kemampuan hati untuk berfungsi. Berikut informasi mengenai gejala dan penyebab hepatitis A yang perlu Anda ketahui.

Penyebab dan Penularan Hepatitis A

Penyebab penyakit ini adalah virus hepatitis A yang dapat menyebar dengan sangat mudah. Cara penyebaran utamanya adalah melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh tinja pengidap hepatitis A. Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan penyebaran virus ini meliputi:

  • Sanitasi yang buruk.
  • Kontak langsung dengan pengidap.
  • Berbagi jarum suntik.
  • Berhubungan seks dengan pengidap, terutama seks anal.
  • Pria yang berhubungan seks dengan sesama pria.
  • Bekerja di area yang berhubungan dengan kotoran, misalnya selokan.

Gejala Hepatitis A

Gejala awal yang dapat muncul meliputi demam, mual, muntah, nyeri pada sendi dan otot, serta diare. Ketika organ hati sudah mulai terserang, ada beberapa gejala lain yang akan muncul, yaitu urine berwarna gelap, tinja berwarna pucat, sakit kuning dan gatal-gatal. Selain itu, daerah perut bagian kanan atas juga akan terasa sakit terutama jika ditekan.

Tetapi tidak semua pengidap mengalami gejala hepatitis A. Karena itu, penyakit ini kadang sulit untuk disadari. Hanya satu dari sepuluh penderita hepatitis A di bawah umur 6 tahun yang mengalami sakit kuning.

Sedangkan pada remaja dan orang dewasa, penyakit ini biasanya menyebabkan gejala yang lebih parah dan 70 persen di antaranya akan mengalami sakit kuning.

Tidak seperti dua jenis hepatitis lainnya yakni hepatitis B dan hepatitis C, infeksi akibat hepatitis A ini tidak menyebabkan gangguan hati jangka panjang (kronis) dan jarang berakibat fatal. Namun, hepatitis A dapat menyebabkan munculnya gejala kerusakan hati akut yang mana cukup berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa.

Jika Anda menderita hepatitis A ringan, kondisi ini berlangsung selama beberapa minggu, dan jika Anda menderita hepatitis A berat, kondisi ini berlangsung selama beberapa bulan.Kebanyakan orang yang terinfeksi virus HIV tidak mengalami gejala.

Carilah bantuan medis jika Anda mencurigai tanda-tanda atau gejala hepatitis A di atas. Jika Anda telah terpapar virus hepatitis, menerima vaksin hepatitis A atau terapi immunoglobulin dalam dua minggu sejak terpapar bisa melindungi diri Anda dari infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *