Gejala Dan Penyebab Umum Penyakit Ginjal Akut

Definisi Penyakit Ginjal

Ginjal yang rusak berakibat berhenti berfungsi. Kondisi ini tidak datang tiba-tiba, namun sudah disertai dengan gejala sejak lama yang harus anda pahami. Jika sudah berhenti berfungsi dinamakan penyakit ginjal akut dengan gejala sebagai berikut: adalah kondisi ginjal yang secara tiba-tiba berhenti berfungsi. Jika kondisi ini tidak segera ditangani

  1. Rasa mual dan ingin muntah salah satunya akibat dehidrasi
  2. Nyeri perut tapi bukan diare dan biasanya menyebar ke pinggang belakang
  3. Penderita tekanan darah tinggi berisiko kondisi ini, biasanya ditandai dengan sering merasa kebingungan
  4. Tubuh bengkak akibat penimbunan cairan yang tidak bisa dicerna dengan baik

Secara medis gejala penyakit ginjal ini sangat cepat sehingga perlu diwaspadai diantaranya adalah sering buang air kecil, rasa nyeri saat buang air kecil dan biasanya urin berbau dan nyeri punggung. Jika gejala disertai dengan infeksi dan diare maka akan diikuti demam atau terasa menggigil sehingga merasa kehilangan nafsu makan.

Orang dengan Risiko Tinggi Menderita Penyakit Ginjal Akut

Bagi anda yang mengalami kondisi kesehatan seperti berikut ini perlu waspada karena termasuk risiko tinggi menderita penyakit ginjal akut.

  1. Usia lanjut > 65 tahun dengan riwayat penyakit kronis lain (jantung, ginjal, hati, diabetes)
  2. Sering minum obat-obatan tertentu, jamu atau yang lainnya.
  3. Punya riwayat gangguan kesehatan pada saluran kencing.

Penyakit ginjal memang lebih berisiko pada orang dengan kondisi kesehatan di atas, namun ternyata gaya hidup saat ini yang tidak sehat justru jadi pemicu yang tidak disadari dan membuat orang umum juga berisiko terkena penyakit ini.

Beberapa kondisi tidak sehat yang sering tidak disadari mengganggu kesehatan ginjal diantaranya adalah konsumsi minuman jamu atau minuman penyegar yang banyak dijual dan diiklankan di media secara berlebih. Beberapa minuman atau mungkin juga makanan yang banyak beredar di atas mengandung bahan yang tidak sehat/berbahaya bagi ginjal jika dikonsumsi berlebih. Rasa nikmat yang ditawarkan serta gencarnya promosi media banyak membuat orang tak sadar dan baru menyesal setelah terkena sakit ginjal kondisi akut.

Penyebab Umum Penyakit Ginjal Akut

Ginjal sebagai organ vital yang terkait dengan fungsinya untuk menyaring darah dan membuang racun seringkali mengalami gangguan penyakit ginjal akut akibat beberapa hal ini :

  1. Pernah atau sering mengalami perdarahan, diare, atau muntah dan menyebabkan dehidrasi
  2. Kelainan pembuluh darah misalnya saja mengalami inflamasi yang membuat pembuluh darah utama terganggu fungsinya untuk mengalirkan darah ke ginjal
  3. Gangguan kesehatan radang dinding pembuluh darah yang membuat darah tidak bisa mengalir ke ginjal
  4. Gagal jantung atau hati yang membuat volume darah ke ginjal berkurang
  5. Efek samping obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *