Gejala, Penularan dan Pengobatan Hepatitis B

Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani, pendertia hepatitis B kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati atau gagal hati.

Penyakit ini bisa menjadi kronis dan bisa berlangsung selama lebih dari enam bulan. Total orang dengan hepatitis B di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan Riskesda 2017, sebanyak 7,1 persen penduduk Indonesia mengidap infeksi ini. Bahkan dikutip dari laman Depkes, diketahui bahwa setiap tahun diperkirakan terdapat 150 ribu bayi yang 95 persennya berpotensi mengalami hepatitis kronis pada 30 tahun ke depan.

Hepatitis B sulit dikenali karena gejala-gejalanya tidak langsung terasa dan bahkan ada yang sama sekali tidak muncul. Karena itulah, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi. Virus ini biasanya berkembang selama 1-5 bulan sejak terjadi pajanan terhadap virus sampai kemunculan gejala pertama.

Beberapa gejala umum hepatitis B antara lain:

  • Kehilangan nafsu makan.
  • Mual dan muntah.
  • Nyeri di perut bagian bawah.
  • Sakit kuning (dilihat dari kulit dan bagian putih mata yang menguning).
  • Gejala yang mirip pilek, misalnya lelah, nyeri pada tubuh dan sakit kepala.

Cara Penularan Hepatitis B

Hepatitis B dapat menular melalui darah dan cairan tubuh, misalnya sperma dan cairan vagina. Beberapa cara penularan umumnya antara lain:

  • Kontak seksual. Misalnya berganti-ganti pasangan dan berhubungan seks tanpa alat pengaman.
    Berbagi jarum suntik. Misalnya menggunakan alat suntik yang sudah terkontaminasi darah penderita hepatitis B.
  • Kontak dengan jarum suntik secara tidak disengaja. Misalnya petugas kesehatan (paramedis) yang sering berurusan dengan darah manusia.
  • Ibu dan bayi. Ibu yang sedang hamil dapat menularkan penyakit ini pada bayinya saat persalinan.

Pengobatan Hepatitis B

Tidak ada langkah khusus dalam pengobatan hepatitis B namun Anda bisa mengobati penyakit ini dengan terapi Moment Propolis dan Moment ABG.

Berikut Testimoninya

Konsultrasi dan Pemesanan

WA/TELP/SMS 081249173330

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *