Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Disentri

Definisi

Apa itu disentri?

Disentri adalah penyakit pada usus yang disebabkan bakteri, seperti salmonella dan shigella. Bakteri-bakteri tersebut dapat berpindah melalui kontak langsung dengan bakteri pada feses, serta melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, atau berenang di air yang terkontaminasi.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala disentri?

Gejala umum dari disentri adalah diare (sering kali berdarah), demam, dan kram perut, mulai dari 1 atau 2 hari setelah terekspos bakteri. Disentri biasanya berlangsung selama 5 sampai 7 hari. Pada beberapa orang, terutama anak-anak kecil dan lansia, diare yang terjadi dapat menjadi sangat serius dan diperlukan rawat inap di rumah sakit. Beberapa orang yang terinfeksi mungkin tidak mengalami gejala sama sekali namun masih menyebarkan bakteri ke orang lain.

Penyebab

Apa penyebab disentri?

Disentri dapat memiliki beberapa penyebab. Infeksi bakteri adalah penyebab utama dari disentri. Infeksi tersebut meliputi spesies bakteri Shigella, Campylobacter, E. coli, and Salmonella.

Disentri disebarkan saat seseorang menelan bakteri dari kotoran atau jari yang kotor. Kebiasaan mencuci tangan yang buruk serta mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dapat menyebabkan kondisi ini. Disentri sering ditemukan di pusat penitipan anak, panti jompo, tempat pengungsian, dan tempat-tempat lain di mana banyak orang dan sanitasi buruk.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk disentri?

Ada banyak faktor risiko untuk disentri, yaitu:

  1. Balita. Infeksi disentri paling banyak terjadi pada anak-anak berusia di antara 2 hingga 4 tahun.
  2. Tinggal di perumahan padat atau mengikuti aktivitas kelompok. Kontak yang dekat dengan orang lain memudahkan penyebaran bakteri dari seseorang ke orang lain. Wabah shigella lebih umum terjadi di pusat penitipan anak, kolam rendam umum, panti jompo, penjara, dan barak militer.
  3. Tinggal atau berpergian ke daerah dengan sanitasi yang buruk. Orang yang tinggal atau berpergian ke negara-negara berkembang lebih mudah terkena infeksi shigella.
  4. Laki-laki gay yang aktif secara seksual. Pria yang melakukan hubungan seks dengan pria memiliki risiko yang lebih besar akibat kontak oral-anal secara langsung atau tidak langsung.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk disentri?

Tujuan dari perawatan infeksi adalah menggantikan cairan yang hilang akibat diare adalah perawatan yang Anda butuhkan, terutama apabila kondisi kesehatan Anda baik dan infeksi disentri ringan. Pilihan penanganan dapat meliputi:

  • Antibiotik

Antibiotik mungkin diperlukan untuk bayi, lansia, atau orang yang memiliki infeksi HIV, serta pada situasi di mana terdapat risiko tinggi dalam penyebaran penyakit.

  • Pengganti cairan dan garam

Untuk orang dewasa yang dalam kondisi sehat, minum air cukup untuk melawan efek dehidrasi dari diare. Anak-anak dapat menggunakan cairan rehidrasi oral, seperti Oralit.

Anak-anak dan orang tua yang dehidrasi parah memerlukan penanganan di unit gawat darurat di rumah sakit, di mana mereka dapat menerima garam dan cairan melalui infus, dibanding lewat mulut. Hidrasi melalui infus memberikan air dan nutrisi yang penting pada tubuh lebih cepat dari cairan oral.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi disentri?
Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi disentri:

  1. Sering mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun.
  2. Jika anak Anda menggunakan popok dan memiliki infeksi bakteri, bersihkan tempat penggantian popok dengan disinfektan, seperti cairan pemutih perabotan dan buang popok di tempat sampah yang tertutup.
  3. Kemudian cuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat.
  4. Orang yang memiliki infeksi bakteri tidak boleh mempersiapkan makanan atau menuangkan air untuk orang lain. Bakteri masih ada di tubuh orang yang memiliki shigellosis sampai 1 atau 2 minggu setelah gejala muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *