Kenali 6 Gejala Penyakit Jantung Yang Sering Tidak Sadari

Angka kematian akibat penyakit tidak menular terus meningkat. Serangan jantung menjadi salah satu ancaman tertinggi.

Dengan tingginya risiko penyakit jantung, tentunya kita perlu mengetahui gejala awal penyakit tersebut agar tindakan bisa segera dilakukan.

1. Kelelahan

Kelelahan adalah salah satu gejala umum penyakit jantung selama serangan jantung terjadi, aliran darah ke jantung menurun. Terutama terlihat pada pasien wanita. Sehingga otot jantung mengalami ketegangan ekstra yang akan membuat kita kelelahan. Orang-orang yang mengalami serangan jantung melaporkan mereka mengalami kelelahan dan tidak bisa beraktivitas normal

2. Sakit punggung

Lengan atau dada Sakit pada bagian punggung, dada, maupun lengan bisa menjadi gejala umum lainnya dari penyakit jantung. Sel otot jantung mulai kehabisan oksigen selama serangan jantung karena pembuluh darah tersumbat, darah yang mengangkut oksigen pun terhalang. Sinyal sakit kemudian dikirim melalui sistem syaraf. Otak kita mungkin akan bingung perihal asal sinyal tersebut karena kedekatan syaraf. Sehingga bisa saja sakit tersebut terasa di bahu, siku, punggung atas, rahang, atau leher. Karena sakit itu seringkali tidak diikuti rasa berat di dada yang diasosiasikan sebagai serangan jantung, maka banyak orang mengabaikannya.

3. Nafas pendek

Jika nafas pendek terjadi saat kita berada di penerbangan atau naik tangga, maka hal itu lumrah. Namun, jika kita merasakan dirimu tiba-tiba termegap-megap mencari udara, maka itu bisa menjadi sinyal serangan jantung. Jika nafas pendek tersebut terjadi saat bangun tidur, itu juga bisa menjadi sinyal ada hal yang tidak beres. Jantung mengambil peran kunci dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida dari jaringan. Sehingga, aliran darah yang terhambat bisa berdampak pada cara kita bernafas.

4. Nyeri dada atau sendawa

Jika kamu merasakan nyeri dada sesekali kambuh setelah makan berat, hal itu tak perlu dikhawatirkan. Namun, jika nyeri dada terjadi di luar kebiasaan dan rasanya sangat mengganggu, hubungi dokter karena itu bisa jadi adalah tanda serangan jantung. Nyeri dada seperti terbakar disebut Angina. Angina disebabkan kurangnya aliran darah ke jantung dan menyebabkan serangan jantung terjadi.

5. Nyeri perut

Gejala serangan jantung juga bisa menyebabkan masalah perut, seperti mual, muntah atau perut tegang. Terutama terjadi pada wanita.

6. Tidak nyaman di leher, tenggorokan atau rahang

Ketidaknyamanan tanpa sebab yang terjadi di leher, rahang, atau ketegangan di tenggorokan bisa menjadi indikasi serangan jantung. Apalagi jika hal itu terjadi pada penderita diabetes. Mereka cenderung tak akan merasakan gejala seperti sakit dada. Sejumlah pasien serangan jantungnya juga pernah menyampaikan bahwa mereka kerap memiliki firasat tertentu bahwa ada yang salah dengan tubuh mereka. Jika kamu merasakan hal yang sama, segeralah pergi ke dokter dan memeriksakan diri sebelum terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *