Komplikasi dan Pengobatan Gondongan

Gondongan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Apa itu gondongan?

Gondongan atau gondok adalah penyakit yang menyebabkan kelenjar air ludah mengalami pembengkakan karena virus. Penyakit ini menular melalui air ludah dari orang yang sudah terinfeksi
Kelenjar air ludah berada di bawah telinga samping wajah. Karenanya, orang yang mengalami gondongan, bagian samping wajahnya akan terlihat membesar dan bengkak.

Orangtua jaman dulu, menggunakan blau (sabun cuci berwarna biru) yang digosokkan ke area bengkak di leher, dipercaya akan membuat gejalanya mereda. Namun, ini hanyalah mitos, dan sebaiknya tidak dilakukan lagi.

Dalam sebagian besar kasus, semua anak yang menderita gondongan akan pulih total setelah seminggu. Namun, kadang gejalanya kembali memburuk setelah sekitar 2 minggu. Hal ini bisa berakibat pada komplikasi. Komplikasi bisa terjadi pada organ selain kelenjar liur, terutama jika infeksi terjadi setelah masa pubertas. Berikut ini beberapa komplikasi yang bisa menimpa penderita gondongan:

  • Peradangan pada salah satu atau kedua testis. Setelah sembuh, testis yang terkena mungkin akan menciut. Jarang terjadi kerusakan testis yang permanen sehingga terjadi kemandulan pada pria.
  • Peradangan pada salah satu atau kedua indung telur. Timbul nyeri perut yang ringan dan jarang menyebabkan kemandulan pada wanita.
  • Peradangan otak atau selaput otak. Ini merupakan komplikasi terburuk yang gejalanya berupa sakit kepala, kaku kuduk, mengantuk, kejang, hingga koma. Sekitar 5-10% penderita mengalami peradangan otak dan kebanyakan akan sembuh total.
  • Peradangan pankreas. Komplikasi ini umumnya terjadi pada akhir minggu pertama. Penderita merasakan mual dan muntah disertai nyeri perut. Gejala ini akan menghilang dalam waktu 1 minggu dan penderita akan sembuh total.
  • Peradangan ginjal. Komplikasi ini bisa menyebabkan penderita mengeluarkan air kemih yang kental dalam jumlah yang banyak.
  • Peradangan sendi. Komplikasi ini menyebabkan nyeri pada satu atau beberapa sendi.

Pengobatan Penyakit Gondongan

Tidak ada obat khusus untuk mengobati penyakit gondongan, yang dibutuhkan penderita memperkuat sistem imun tubuh dengan cara meningkatkan asupan nutrisi dan cairan, perbanyak istirahat, hindari makanan padat dan asam. Untuk meredakan pembengkakan, anda bisa mengkonsumsi obat herbal Sarang Semut yang banyak mengandung flavonoid.

Apabila gejala dan keluhan Penyakit Gondongan dirasakan semakin parah dan berlangsung lebih dari satu minggu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis. Karena apabila dibiarkan, komplikasi berbahaya seperti tersebut diatas dapat mengancam kesehatan dan jiwa anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *