Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Mandi dan membersihkan diri adalah kebutuhan sehari-hari yang memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Akan tetapi, ternyata mandi dengan suhu yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda pula bagi Anda. Hal ini menjadi perdebatan yang cukup panas, mana yang lebih sehat untuk Anda? Mandi air hangat atau air dingin?

Sebenarnya, baik mandi air hangat dan air dingin sama-sama berkhasiat bagi kesehatan Anda. Menurut para ahli kesehatan, tidak ada satu anjuran yang paling benar. Namun, karena khasiatnya yang berbeda, Anda pun bisa menyesuaikan sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Pada kesempatan kali ini, saya mau membahas mengenai manfaat mandi menggunakan air hangat. Lebih jelasnya bisa simak dibawah ini.

Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

  • Mandi air hangat dapat membuat pori-pori pada kulit kita terbuka (melembab) sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering. Air hangat juga dapat membersihkan kulit. Pori – pori yang tersumbat dapat menyebabkan blemish dan penumpukan toksin pada kulit. Bila pori – pori sudah terbuka itu akan membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan sehingga segala kotoran pun akan terlepas. Bila ingin ditutup kembali maka tinggal disiram dengan air dingin.
  • Dengan mandi air hangat juga dapat melancarkan sistem peredaran darah kita dan salah satunya adalah peredaran darah yang menuju ke otak sehingga kita tidak akan mudah terserang migrain.
  • Mandi air hangat dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita, ini dikarenakan uap panas yang berasal dari air hangat tersebut kita hirup dan lagi uap itu pula bisa menghilangkan phlegm (hingus/dahak) yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita.
  • Mandi air hangat juga dapat membantu menghilangkan rasa stress yang melanda pikiran kita dari berbagai beban pikiran yang membuat kita merasa lemah.
  • Dengan mandi air hangat dapat meringankan penderita diabetes. Ini dikarenakan, dengan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes.
  • Dengan mandi air hangat dipercaya mampu memperbaiki kesehatan organ jantung kita.
  • Dengan mandi air hangat membuat istirahat atau tidur kita akan lebih pulas. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya.
  • Mandi air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi tubuh, air hangat dapat merawat rasa sakit pada otot dan persendian yang disebabkan oleh artritis, otot sobek dan kelelahan. Rasa hangat akan merangsang sirkulasi dan aliran darah.
  • Mandi air hangat juga bisa dilakukan sebagai pemanasan sebelum latihan. Dengan mandi air hangat pada pagi hari adalah cara efektif untuk memanaskan tubuh kita sebelum berolahraga pagi. Ketika kita bangun tidur, otot – otot bisa jadi masih dalam keadaan kaku, ini menyebabkan kita mudah keram dan peredaran darah pun kurang begitu lancar, sehingga dengan mandi air hangat di pagi hari ini dapat melancarkan peredaran darah dan menangkal otot – otot untuk terjadi keram karena kaku.
  • Mandi air hangat juga bisa menyembuhkan penyakit insomnia.

Itulah manfaat dari mandi menggunakan air hangat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *