Manfaat Tidur Dalam keadaan Gelap

Semakin malam dan semakin gelap, maka tubuh kita akan semakin merasa lelah dan mengantuk, alhasil keinginan untuk tidur pun semakin besar. Ini adalah hal yang sangat wajar, dimana sintesis dan sekresi hormon melatonin oleh kelenjar pineal meningkat seiring dengan waktu yang semakin malam. Hormon inilah yang menyebabkan kita menjadi mengantuk di malam hari. Fungsi dari rasa kantuk adalah sebagai sinyal yang positif bagi tubuh agar segera mengistirahatkannya.

Tidur sudah menjadi aktifitas yang rutin dilakukan setiap orang. Dengan tidur pada malam hari, maka manusia akan memberikan istirahat pada pikiran dan fisiknya, setelah sebelumnya pada siang hari melakukan aktifitas yang melelahkan. Dan saat bangun pada pagi harinya maka badan akan terasa lebih terasa fresh dan dapat kembali beraktifitas seperti biasanya.

Sebagian orang ternyata ada yang tidur malam dalam keadaan lampu menyala. Ada juga yang tidur dengan mematikan lampu. Ternyata lebih baik tidur dengan mematikan lampu. Kok bisa? simak manfaatnya dibawah ini.

Apa Saja Manfaat Tidur Dalam Keadaan Gelap?

  • Lebih Cepat Tidur. Saat kita tidur tanpa menggunakan lampu, maka proses kita menuju terlelap pun akan lebih cepat – karena cahaya lampu tidak akan “menusuk” mata yang akan menggangu kita.
  • Menstabilkan Emosi. Menurut berbagai sumber menjelaskan bahwa tidur tanpa menggunakan cahaya lampu akan membantu kita dalam mengontrol dan juga menstabilkan emosi jika dibandingkan dengan tidur dalam kondisi lingkungan yang terang.
  • Meningkatkan Produksi Hormon Melatonin. Tidur tanpa lampu akan membantu tubuh dalam proses produksi hormon melatonin. Dan hormon tersebut berfungsi meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh akan terjaga dari berbagai macam penyakit.
  • Meringankan Stres. Stres yang terjadi pada kita akibat pikiran yang terlalu diporsir dapat diringankan dengan tidur tanpa lampu. Hal ini berkaitan dengan manfaat tidur tanpa lampu yang dapat menstabilkan emosi.
  • Meningkatkan Kerja Otak. Meningkatkan kerja otak atau menghindari sifat lupa dapat dilakukan dengan tidur tanpa lampu.
  • Mengurangi Obesitas. Menurut berbagai sumber yang relevan, tidur tanpa lampu dapat membantu kita dalam mengurangi obesitas. Oleh sebab itu tidur tanpa lampu sangat baik bagi pelaku diet.
  • Meringankan Depresi. Jika kita kaitkan dengan manfaat tidur tanpa lampu yang mampu menstabilkan emosi, maka manfaat tidur tanpa lampu yaitu meringankan depresi juga benar adanya. Hal ini sesuai dengan perasaan rileks dan nyaman saat tidur sehingga tubuh dan pikiran kita benar-benar dalam keadaan tidur (istirahat) yang berkualitas.
  • Mencegah Kanker. Selain ketujuh manfaat tidur tanpa lampu yang telah disebutkan di atas. Ternyata manfaat lainnya adalah mampu mencegah terjadinya kanker. Mengapa? Karena (seperti alasan di atas) bahwa hormon melatonin tidak akan berproduksi jika kita tidur dengan menggunakan lampu (cahaya), sedangkan melatonin itu sendiri berfungsi menjaga kekebalan tubuh termasuk mencegah dan juga menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, terpaan cahaya lampu di malam hari dapat memperbesar resiko terkena kanker payudara dan juga kanker usus pada kaum hawa (wanita). Oleh sebab itu, berdasarkan dua alasan di atas – maka tidur tanpa lampu atau cahaya sangat berguna dan bermanfaat bagi kesehatan kita.
  • Mencegah Leukimia Pada Anak. Tubuh menghasilkan zat kimia yang mampu melawan kanker, namun hal ini tidak akan terjadi – zat tidak berproduksi – jika dalam keadaan terang, dengan kata lain untuk memproduksinya membutuhkan kondisi lingkungan yang gelap. Tidur tanpa lampu yang diterapkan pada anak dapat mencegah terjadinya leukimia pada mereka. Maka, sangat disarankan untuk orang tua menerapkan tidur tanpa lampu pada anak-anak.
  • Dari Sisi Ekonomi. Di atas telah banyak ditinjau dijelaskan manfaat-manfaat tidur tanpa lampu dalam bidang kesehatan. Selanjutnya jika kita lihat dari segi ekonomi, maka mematikan lampu saat tidur juga bermanfaat. Ya, untuk mengurangi penggunaan listrik yang tidak penting. Saat kita tertidur maka lampu yang menyala tidak akan berfungi – justru akan menyebabkan bahaya seperti memicu kanker payudara pada wanita. Jadi, akan lebih bijak jika kita mematikan lampu saat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *