Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Hepatitis B

Mengkombinasikan pengobatan dengan menjaga pola makan sangatlah penting untuk Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal bagi kesembuhan penyakit hepatitis B yang Anda derita.

Melakukan pengobatan tanpa menjaga pantangan makanan hepatitis B bisa mempengaruhi dan menghambat proses penyembuhan. Hal tersebut karena ada beberapa jenis makanan yang jika di konsumsi justru membuat gejala yang ada semakin bertambah parah.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Hepatitis B

  • Alkohol
    Seperti yang kita tahu, alkohol tidak hanya dapat merusak fungsi hati, tapi juga bisa merusak sistem saraf otak dan jaringan tubuh lainnya. Intinya, alkohol termasuk pantangan untuk penderita hepatitis B yang wajib dihindari. Baik alkohol dalam bentuk minuman (apapun jenis & merk nya) maupun yang terkandung dalam makanan (seperti: Tape, durian, dsb).
  • Aneka sofdrink
    Selain mengandung fruktosa yang tinggi, minuman berkarbonasi ini tidak bagus untuk kesehatan hati Anda. Bahkan, minuman ini bersifat karsinogenik yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Minuman ini meliputi soda, minuman penambah energi, dan minuman sejenisnya.
  • Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi
    Jeroan, junk food, seafood, aneka gorengan, makanan bersantan, susu tinggi lemak dan olahannya (keju, es krim, dsb), aneka kue, dan makanan berlemak lainnya termasuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hepatitis B.
  • Makanan yang mengandung / menimbulkan gas
    Pantangan makanan lainnya yang harus dihindari oleh penderita hepatitis B adalah makanan yang dapat menimbulkan gas di dalam perut, misalnya seperti kol, sawi, lobak, nangka, dll.
  • Makanan olahan
    Apapun jenisnya, makanan yang diolah dan dipastikan mengandung bahan pengawet kimia, sebaiknya tidak Anda konsumsi sama sekali. Makanan jenis ini meliputi: Daging olahan (sosis, ham, hotdog, dendeng, abon, dll), makanan kalengan, jus kemasan, aneka makanan ringan, dsb.

Selain menghindari makanan-makanan di atas, Anda juga sebaiknya memperbanyak makanan-makanan di bawah ini untuk membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda dalam melawan virus HBV dan membantu memaksimalkan pengobatan hepatitis B yang Anda jalani.

Anjuran Makanan Bagi Penderita Hepatitis B

Makanan yang dianjurkan maksudnya adalah makanan yang memiliki kandungan baik untuk tubuh dan mendukung proses penyembuhan. Makanan tersebut juga dapat dikonsumsi secara rutin sebagai salah satu cara mengobati hepatitis B secara alami. Berikut adalah beberapa makanan yang dianjurkan :

  • Gandum
  • Biji-bijian
  • Sayuran yang memiliki serat tidak terlalu tinggi
  • Kentang
  • Daging tanpa lemak
  • Buah-buahan yang meliputi: Lemon, apel, alpukat, aneka buah beri (stroberi, arbei/mulberi, blue beri, dll), pisang, jambu dan lainnya.

Itulah informasi mengenai anjuran dan pantangan makanan bagi penderita hepatitis B yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *