Pencegah Dan Makanan yang Baik Untuk Penderita Disentri

Makanan yang Baik Untuk Penderita Disentri

Mengulas kembali, bahwa gejala diare ini akan menyebabkan penderitanya kekurangan cairan elektrolit pada tubuhnya. Sebagai gantinya, pasien harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang mampu mengatasi gejala diare tersebut.Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan diare, salah satunya adalah karena makanan dan minuman yang tercemar oleh virus atau sejenis toksin kuma staphylococcus, kebersihan lingkungan dan juga rasa alergi terhadap olahan susu.

Mayoritas penduduk kita juga pernah mengalami gangguan kesehatan pada bagian system pencernaanya. Ketika seseorang terkena diare, maka sebaiknya orang tersebut mengetahui terlebih dulu, apa yang menjadi penyebab dari diare yang dialami. Sementara itu, ada beberapa jenis makanan yang menimbulkan gangguan kesehatan pada system pencernaan kita. Oleh sebab itu, sebaiknya kita lebih bijak dalam memilih makanan dan minuman untuk dikonsumsi ketika disentri.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita disentri:

1. Telur

Telur merupakan makanan yang memiliki kandungan imun yang baik. Telur mengandung banyak vitamin seperti vitamin D yang salah satu manfaatnya untuk membasmi penyakit, termasuk disentri.

2. Wortel

Sebagai salah satu jenis sayuran, wortel juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang dapat menambah energy dalam tubuh. Khususnya bagi penderita disentri, pasien biasanya akan membutuhkan banyak energy, karena kelelahan yang dialami akibat sering BAB dan kehabisan cairan dalam tubuh.

3. Buah Jeruk

Buah yang identik dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi ini, ternyata memiliki khasiat untuk membantu penyembuhan penyakit disentri dengan alami. Vitamin C ini mampu menyehatkan dan membersihkan organ pencernaan dari bakteri jahat.

4. Yoghurt

Disentri umumnya disebabkan oleh bakteri yang kurang bersahabat dengan organ pencernaan kita, oleh sebab itu mengkonsumsi yoghurt yang memiliki kandungan prebiotik ini sangat penting. Prebiotik berfungsi untuk mengurangi terjadinya peradangan bakteri dalam saluran pencernaan yang menyebabkan penderita mengalami disentri serta diare.

Jenis buah lainya yang dapat dikonsumsi oleh penderita disentri adalah:

  • Pisang
  • Apel
  • Blueberries
  • Jahe
  • Nasi
  • Sereal
  • Biskuit
  • Roti Panggang
  • Makanan rendah lemak (kacang almond)
  • Makanan yang rendah serat (buah rendah serat)
  • Makanan yang mengandung natrium tinggi

Pencegahan Terhadap Disentri :

Untuk menghindari disentri, sebaiknya Anda menjaga kebersihan lingkungan sekitar, baik tempat tinggal pribadi hingga ke area luar rumah. Bakteri atau parasit penyebab disentri biasanya tidak akan muncul jika keadaan sekitar jauh lebih bersih dan sehat. Adapun beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit disentri, dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Menjaga kebersihan Kuku
  2. Jangan mengonsumsi minuman botol dengan kemasan yang sudah rusak
  3. Mencuci tangan sampai bersih, dengan menggunakan sabun hingga bersih
  4. Jauhi makanan dan minuman yang kurang terjaga kebersihanya
  5. Masak makanan hingga matang
  6. Jangan minum es batu yang dibuat dari air yang kotor
  7. Membersihkan toilet dengan menggunakan disinfektan khusus
  8. Mencuci pakaian orang yang terkena disentri dengan air panas
  9. Hindari menggunakan peralatan makan yang sama
  10. Jika sudah terkena disentri, sebaiknya tidak keluar rumah minimal selama 48 Jam

Penularan penyakit disentri memang akan terjadi jika seseorang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan serta makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Tindakan pencegahan seperti diatas, setidaknya bisa menghindarkan kita dari penyakit disentri yang cukup berbahaya jika tidak segera ditangani. Dengan mengetahui cara penularan penyakit disentri, diharapkan kita mampu melakukan pencegahan secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *