Tahukah Kamu Penyebab Utama Sakit Pada Gusi Yang Bengkak

Gusi bengkak merupakan masalah gangguan mulut yang sering terjadi pada sebagian orang selain gigi berlubang. Gusi bengkak seperti namanya adalah keadaan di mana terjadinya pembengkakan pada gusi. Bahkan pada beberapa kasus, gusi bengkak terjadi dalam ukuran yang besar hingga menutupi gigi. Bahkan karena gusi yang membengkak ini, pipi jadi kelihatan menonjol.

Gusi yang bengkak meski kelihatannya remeh, nyatanya menyakitkan dan bikin illfeel. Meski bukan gigi yang sakit, tapi tetap saja kalau dipakai mengunyah rasanya tuh sakit banget. Mau makan tapi nggak bisa padahal lagi laper, terpaksa makan bubur atau bahkan menahan lapar deh. Sudah gitu sakitnya bahkan bisa berdenyut sampai kepala. Pokoknya nggak enak banget.

Gusi bengkak bisa terjadi ke siapa saja tanpa pandang bulu. Emang apa sih penyebabnya? Simak di bawah ini.

Penyebab gusi bengkak

Menumpuknya karang atau plang pada gigi.

Umumnya sih, penyebab gusi bengkak karena plak yang adalah sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama dan tidak segera dibersihkan. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak segera dibersihkan ini akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi dan mengakibatkan gusi membengkak. Air liur yang mengandung mineral malahan akan membantu sisa makanan tadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras atau sedimentasi.

Gingivitis

Menumpuknya plak pada gusi yang terakumulasi dalam jumlah besar dan lama dapat menyebabkan inflamasi yang disebut dengan gingivitis. Gingivitis juga merupakan penyakit pada gusi.

Gigi yang berlubang

Gigi yang berlubang karena kuman juga dapat merambah hingga gusi dan menyebabkan gusi bengkak.

Terkena virus atau jamur

Ketika Anda tidak mengatur makanan yang masuk ke dalam mulut Anda, bukan tidak mungkin Anda juga memasukkan virus atau jamur ke dalam mulut Anda sendiri.

Kesalahan pemasangan aksesori pada gigi

Pemasangan aksesori gigi seperti gigi palsu atau behel yang salah bisa juga menyebabkan gusi bengkak.

Ketika Anda sudah terlanjur mengalami gusi bengkak dan ingin segera sembuh, selalu jaga kesehatan gigi. Serta jangan lupa gosok gigi secara teratur dan periksakan ke dokter anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *