Temukan 7 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Anda, Disini !

Pasti Anda tahu apa itu temulawak? Jika mendengar kata temulawak, kita akan teringat masa kecil dulu. Biasanya kita tidak mau makan, orangtua kita akan menakuti akan memberi jamu temulawak yang rasanya pahit. Hal itu mungkin akan kita lakukan pada anak kita supaya lahap makannya.

Sebagai tanaman herbal, tentunya temulawak memiliki segudang manfaat, namun hati-hati saat membedakan kunyit dengan temulawak karena keduanya terlihat sama. Mari kita bahas manfaat temulawak yang menakjubkan.

Berikut beberapa manfaat Temulawak untuk kesehatan tubuh Anda selengkapnya ;

1. Menjaga kesehatan lambung dan mengatasi masalah pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama adalah melancarkan proses pencernaan. Hal ini dikarenakan temulawak mengandung senyawa yang diketahui dapat merangsang produksi empedu, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan.

Caranya dengan cara cuci bersih rimpang temulawak setelah dikupas lalu parut rimpang temulawak tersebut sertakan air mineral secukupnya, peras temulawak hingga diperoleh sarinya, kemudian masukkan air hangat atau air mendidih kedalam sari temulawak. Campurkan dengan gula merah secukupnya langsung aduk hingga merata.

2. Memelihara fungsi hati

Katagoga yang terdapat di dalam temulawak memiliki khasiat istimewa untuk menjaga kesehatan fungsi hati. Kandungan tersebut sendiri di ketahui mampu merangsang produksi hati dan merangsang pengosongan kantung empedu.

Caranya ambil 25 gram temulawak serta 30 gram daun serut/mirten, lalu campur dengan air sekitar 600 cc, kemudia rebus hingga air tinggal 300 cc. Saring airnya, minum dalam keadaan masih hangat.

3. Mengatasi nyeri sendi

Manfaat lainnya dari temulawak adalah dapat mengurangi hingga meredakan nyeri sendi. Hal tersebut di karenakan kandungan curcumin yang terdapat di dalam rimpang alami ini di ketahui serata dengan 100 mgh fenibutazon, yang mana merupakan sejenis senyawa yang dapat mengurangi radang dan nyeri sendi.

Caranya ambil 20 gram temulawak dan 20 gram jahe merah. Masukkan kedalam air kira-kira 400 cc air, lalu rebus hingga air yang tersisa tinggal 200 cc. Minum air rebusan ini selagi masih hangat.

4. Mengatasi maag

Sakit maag merupakan penyakit yang umum terjadi di masyarakat bukan hanya dikalangan remaja tapi juga di kalangan lanjut usia juga tak luput dari penyakit ini. pada umumnya stress merupakan faktor utamanya.

Untuk mengatasi maag dapat dibuatkan resep seperti parut 1 rimpang temulawak setelah dibersihkan kemudian masukan dalam kuali yang berisi 4 gelas air lalu rebus tunggu hingga air sampe setengahnya kemudian diangkat dan disaring.

5. Mencegah kanker

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kanker merupakan pembunuh yang paling riskan di dunia. Selain dapat membantu dalam menjaga kesehatan fungsi hati, khasiat temulawak juga dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko terkena kanker. Karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya mampu memproteksi tubuh dari berbagai serangan penyakit kanker dan menghindarkan Anda dari pertumbuhan sel yang abnormal.

6. Menjaga kesehatan tubuh

Khasiat temulawak juga mampu menjaga kondisi kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan tubuh dari serangan radikal bebas, karena temulawak mengandung anti radikal bebas serta anti oksidan sehingga membuat tubuh fit dan tak mudah terserang penyakit.

Berikut resenya :

  • Kunyit 25 gram, temulawak 30 gram, sambiloto 15 gram, lidah buaya tanpa kulit 90 gram, dan 600 ml air. Biarkan sebentar sampai mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya. Saring lalu minum.

7. Melancarkan ASI pada Ibu Menyusui

Manfaat temulawak untuk ibu menyusui yaitu dapat meningkatkan serta melancarkan produksi ASI (Air Susu Ibu). Dimana temulawak mengandung antioksidan tinggi yang dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi ASI seperti protein dan asam lemak.

Seperti yang telah diketahui bahwa jika terjadi oksidasi nutrisi, maka produksi ASI pada wanita menyusui dapat berkurang. Selain itu, kualitas ASI juga dapat menurun. Untuk mencegah dan mengatasi hal ini, wanita menyusui dapat mengkonsumsi jamu temulawak secara rutin.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat temulawak lainnya menurut para ahli. Seperti halnya untuk penyembuhan hepatitis, meredakan gejala asam lambung, pengobatan untuk sakit ginjal, menyembuhkan bisul, mengatasi morning sickness, meningkakan nafsu makan, mencegah darah kotor, obat alami jerawat dan komedo, sebagai antioksidan dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat! Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *