Temukan Manfaat Buah Kiwi Untuk Kulit Hanya Disini

Buah kiwi pertama kali ditemukan pada abad ke-19 di wilayah China dan dikenal dengan nama chinese gooseberry. Namun buah ini baru dimanfaatkan secara luas dan difungsikan secara komersil di negara New Zealand, dan mengubah namanya menjadi Kiwi di tahun 1959. Setelah itu barulah buah kiwi mulai banyak ditanam di berbagai negara lain seperti India di tahun 1963.

Meskipun memiliki ukuran buah yang kecil, namun siapa yang mengira ternyata kiwi menyimpan banyak kandungan baik yang bisa digunakan dalam menjaga kesehatan kulit. Selain kaya akan vitamin C, kiwi juga memiliki kandungan vitamin B6, kalsium, zat besi, serta magnesium yang baik bagi kesehatan. Selain itu buah ini juga kaya anti-oksidan yang bisa memberi perlindungan pada kulit dari efek buruk lingkungan.

Tapi tak hanya itu saja, Kiwi juga memiliki manfaat lain seperti 5 hal berikut ini.

  • Menjaga Tekstur Kulit Tetap Kencang

Seiring bertambahnya usia, tekstur kulit akan semakin mengendur dan kehilangan kekencangannya. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah kiwi dapat membantu kulit untuk memproduksi kolagen lebih banyak, sehingga elastisitas kulit tetap terjaga. Selain itu buah kiwi juga ampuh dalam melawan dehidrasi pada kulit. Dengan rutin mengonsumsi buah ini setiap hari, kamu tidak hanya memenuhi asupan gizi, tapi sekaligus menjaga kelembapan kulit dan mencegah tampilan kulit terlihat kusam.

  • Mengatasi Jerawat

Kiwi memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup tinggi, sehingga buah ini bisa digunakan dalam mengatasi masalah jerawat. Selain itu rutin mengonsumsi atau menggunakan skin care dengan kandungan kiwi juga bisa mencegah kulit dari ancaman jerawat. Untuk penggunaan secara topikal, selain mengaplikasikan skin care, kamu juga bisa menggunakan buah kiwi yang sudah dibersihkan sebagai masker wajah.

  • Mencegah Efek Buruk Sinar Matahari

Kiwi kandungan amino acid serta vitamin C yang mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Selain itu buah ini juga mampu memberi efek menenangkan pada area kulit yang memerah atau mengalami sunburn. kamu bisa langsung meletakan irisan buah kiwi pada area yang mengalami sunburn dan diamkan selama 10 menit.

  • Mencerahkan Tampilan Lingkar Hitam di Area Mata

Mencerahkan Tampilan Lingkar Hitam di Area Mata/Copyright Shutterstock
Kiwi memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga bisa membantu kulit terlihat lebih cerah, terutama untuk area bawah mata. Lapisan dermis yang tipis di area ini dapat menjadi lebih kuat dengan mengonsumsi buah yang kaya vitamin C serta anti-oksidan seperti kiwi. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kiwi sebagai kompres mata layaknya buah mentimun.

  • Mencegah Berbagai Penyakit yang Menyerang Kulit

Kiwi memiliki kandungan omega-3 yang dikenal ampuh dalam melindungi kulit dari berbagai penyakit, bahkan ancaman kanker. Karena kandungan omega-3 tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, maka kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya kandungan ini. Cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kesehatan kulit adalah dengan rutin mengonsumsi buah kiwi, serta menggunakan skin care yang mengandalkan kiwi sebagai komposisi utamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *