Tips Agar Tidak Salah Memilih Parfume

Kita sering menjadikan wewangian aroma parfum menjadi bagian dari identiitas kita dan membuat kita lebih percaya diri karna badan tidak lagi bau. Selain membuat tubuhmu wangi, mengaplikasikan wewangian juga memiliki tujuan untuk mendekatkan hubunganmu dengan pasangan atau kolega. Wewangian yang timbul biasanya dari kosmetik yang kita pakai, deodoran, body mist, parfume sampai deterjen yang dipakai.

Kali ini kita akan membahas mengenai parfume. Sebelum bahas mengenai tips memilih parfume, mari kita pahami dulu sejarah dari parfume.

Parfum berasal dari bahasa Latin perfumare yang berarti ‘melalui asap’. Sejak zaman Mesir Kuno, parfum telah dikembangkan dalam bentuk wewangian dupa yang dibakar untuk ritual pemujaan terhadap Dewa Ra.

Dunia wewangian mulai memasuki era modern pada dekade 1900-an saat Guerlain mendobrak sebagai produsen parfum massal pertama. Kemudian disusul COTY dan eau de cologne 4711 yang telah berusia 224 tahun.

Pada 1921, industri wewangian digemparkan  peluncuran Chanel No. 5 yang diracik secara tidak sengaja oleh Coco. Aromanya sangat kuat, tetapi dinilai sesuai dengan kepribadian keras dari fashion matriarch tersebut.

Parfum fenomenal Chanel No. 5 rupanya memecahkan rekor dunia, karena menjadi pelatuk rumah-rumah mode lain untuk meluncurkan merek parfumnya sendiri. Dari sanalah lantas dunia wewangian menjadi bisnis yang atraktif dengan pangsa pasar tak terbatas.

Tahukah anda bahwa tidak semua kandungan bahan kimia yang digunakan dalam parfum dicantumkan dalam label komposisinya? Bahkan beberapa diantaranya membawa dampak buruk bagi kesehatan anda.

Bahan kimia seperti aseton, etanol, benzil alkohol, mitosin klorida dan lain sebagainya terkandung dalam kemasan parfum dapat menyebabkan reaksi gatal pada kulit.

Orang yang memiliki alergi pada kulit sebaiknya menghindari menggunakan parfum, zat pewangi dan kandungan alkohol cukup berbahaya dan menyebabkan alergi kulit yang tidak diinginkan.

Pemakaian parfum terlalu sering juga bisa menyebabkan perubahan warna kulit, pigmentasi kulit dan bintik-bintik.

Menurut Dr Shaefali Trasi, kita harus mewaspadai efek parfum yang kita pakai.

Untuk melindungi Anda dan orang yang Anda sayangi dari paparan berbahaya bahan kimia ini, berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan.

Tips Memilih Parfume

  • Pilihlah produk yang tidak menggunakan wewangian (fragnance) tambahan didalamnya. Anda dapat melihat di label komposisi produk untuk mengetahuinya.
  • Jika anda memang sangat menyukai wewangian anda, cobalah untuk memakainya dalam jumlah sedikit dan tidak dicampur dengan produk wewangian lainnya misalnya deodorant, perfume dan cologne bersamaan.
  • Sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu apakah parfum meninggalkan noda pada pakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *