Tips Mencegah Cidera Para Pengguna Laptop

Kebanyakan orang sekarang ini pasti sering berkutat dengan layar komputer atau laptop entah untuk melakukan pekerjaan, tugas kuliah, bermain game atau menghabiskan waktu dengan browsing atau chatting. Yang pasti jika sudah berurusan dengan laptop atau komputer kita pasti betah dan sulit untuk melepaskannya. Bahkan kita bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang sangat lama. Khususnya bagi para pegawai kantoran yang harus bekerja selama kurang lebih 8 jam per hari di depan komputer atau laptop.

Kamu tentu pernah merasakan mata lelah akibat terlalu lama di depan komputer kan? Memang penggunaan komputer yang terlalu lama bisa berdampak buruk untuk kesehatan mata kita dan bukan tidak mungkin kita bisa mengidap Computer Vision Syndrome (CVS) yakni suatu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja di depan komputer terlalu lama.

Kemampuan laptop untuk membantu seseorang mengejar deadline pada akhirnya menimbulkan isu kesehatan berkenaan dengan penggunaannya. Seorang profesor dalam bidang ergonomis, Alan Hedge, PhD, CPE, memberikan tips agar para pengguna laptop tidak mengalami cidera saat bekerja.

  1. Jangan letakkan laptop di depan sumber cahaya yang terang, seperti jendela misalnya, dua pantulan cahaya secara intens yang berasal dari monitor laptop dan jendela cenderung membuat mata Anda lelah, dan sinar yang terlalu banyak diserap kornea dapat meningkatkan resiko gangguan katarak.
  2. Letakkan laptop sejajar arah pandangan mata. Jika tidak ada tempat untuk meletakkan laptop secara baik, jangan ragu untuk meletakkan sebuah benda berbidang datar di pangkuan, seperti bantal kursi, beberapa buku yang tebal dan besar, atau lapisan beberapa koran. Hal ini sangat penting dilakukan untuk meminimalisir ketegangan yang terjadi pada otot dan tulang leher.
  3. Gunakan plug in mouse agar Anda dapat menggerakkan kursor secara baik, terutama bila bidang sentuh atau trackball Anda sulit untuk digunakan.
  4. Pastikan mouse dan keyboard laptop dioperasikan setinggi lipatan siku. Untuk menghindari gangguan pada pergelangan tangan dan ketegangan otot lengan atas.
  5. Jika Anda menggunakan laptop bersamaan dengan mengakses dokumen lain, jangan letakkan dokumen tersebut di samping laptop. Gerakan leher yang beralih dari monitor yang sejajar garis pandang ke dokumen yang ada di samping laptop dapat memicu gangguan postur leher. Sebaiknya gunakan tangkai penjepit yang dipasang sejajar monitor sehinga Anda mendapatkan sudut baca yang sejajar dengan sudut pandang ke monitor laptop.
  6. Setiap satu jam sekali selama Anda bekerja di depan laptop, sisihkan 5 menit untuk beristirahat dan melakukan peregangan. Hal ini diperlukan agar tubuh tidak mengalami ketegangan.
  7. Jika laptop harus dibawa seharian, pertimbangkan berat laptop lengkap dengan segala peralatannya, sepertyi power supply, external drive, atau batere. Pastikan bobotnya tidak lebih dari 3,5 kilogram. Membawa beban yang lebih berat dari bobot tersebut cenderung memicu cedera pada salah satu atau kedua otot bahu. Jika Anda tetap harus membawanya, pikirkan untuk memiliki carrier beroda.

Itulah informasi mengenai tips mencegah cidera para pengguna laptop. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *