Tips Pengobatan Yang Efektif Untuk Meringankan Fobia

Definisi

Apa itu phobia (fobia)?

Phobia adalah rasa takut berlebihan dan tanpa alasan pada suatu benda atau situasi yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Tidak seperti rasa cemas biasa yang bersifat sementara seperti saat harus berbicara di depan umum atau menghadapi ujian, phobia merupakan kondisi yang permanen, yang menyebabkan reaksi fisik dan stres psikologis. Kondisi ini dapat mempengaruhi kemampuan bekerja atau dalam lingkungan sosial normal. Phobia yang paling sering yaitu takut terbang, takut ketinggian, laba-laba, orang lain, suntikan, darah, dan tempat sempit.

Seberapa umumkah phobia (fobia)?

Kebanyakan phobia dimulai saat pubertas namun fobia binatang, darah, badai, dan air biasanya mulai saat kanak-kanak. Wanita lebih sering menderita fobia dibanding laki-laki. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala phobia (fobia)?

Phobia biasanya menyebabkan denyut jantung menjadi cepat, sesak, nyeri dada, berkeringat, dan diare. Paparan terhadap keadaan yang menyebabkan fobia sering mengakibatkan masalah serius dan serangan panik. Biasanya pasien tidak dapat mengendalikan fobia dan perbuatannya. Pasien akan mengalami masalah di sekolah atau kantor jika mereka mengalami gejala ini.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Terkadang Anda memiliki phobia karena Anda merasa tidak nyaman (misalnya, Anda lebih ingin naik tangga daripada lift). Keadaan ini bukanlah penyakit kecuali jika hal ini mempengaruhi hidup Anda. Jika Anda cemas berlebihan hingga mengganggu pekerjaan atau hubungan sosial Anda, Anda harus pergi ke dokter atau psikoterapis. Sebagian besar pasien dapat disembuhkan jika diterapi dengan benar.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab phobia (fobia)?

Saat ini, penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun phobia cenderung terjadi dalam keluarga dan biasanya terjadi setelah kejadian yang mengguncang. Awal muncul fobia dapat terjadi secara mendadak maupun bertahap.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk phobia?

Ada banyak faktor risiko untuk phobia, yaitu:

  1. Usia: phobia sosial sering terjadi saat Anda masih muda, biasanya pada usia 13 tahun. Phobia hal tertentu biasanya diawali saat kanak-kanak, biasanya pada usia 10 tahun. Sedangkan fobia tempat ramai terjadi sebelum 35 tahun
  2. Riwayat keluarga: jika Anda memiliki saudara yang memiliki phobia hal-hal tertentu seperti laba-laba atau ular, Anda berisiko tinggi memiliki fobia yang sama. Para ilmuwan meyakini phobia disebabkan oleh faktor genetik, atau saat masih muda mereka mempelajari tingkah laku orang dewasa sehingga mereka cenderung mengikuti hal-hal yang telah dilalui anggota keluarganya
  3. Karakteristik Anda: Anda mempunyai kemungkinan memiliki phobia jika Anda terlalu sensitif, terlalu malu, dan terlalu pesimis dalam hidup
  4. Cedera psikologis: jika Anda pernah mengalami syok psikologis seperti terjebak dalam lift atau dikejar binatang yang dapat membuat Anda phobia.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk phobia (fobia)?

Tujuan terapi yaitu untuk meredakan rasa takut menjadi rasa takut yang biasa, dan menghindari hal-hal pemicu rasa takut.

Seringnya, terapi phobia sosial dilakukan selama beberapa bulan, namun terapi untuk phobia khusus lainnya tidak lebih lama. Kebanyakan pasien yang phobia binatang, darah, dan suntikan dapat melakukan terapi perilaku.

Terapi obat-obatan dan perilaku dapat dilakukan bersamaan. Obat ini mengurangi beberapa gejala yang disebabkan oleh kecemasan, khususnya takikardia dan palpitasi. Metode obat-obatan lebih efektif jika digunakan untuk phobia sosial dibanding phobia khusus lain.

Selain itu, terapi berdasarkan paparan pada bayangan atau realita merupakan cara terapi terbaik untuk fobia khusus seperti takut darah, suntikan, dokter gigi, binatang, tempat sempit, terbang, ketinggian, dan sesak napas. Pengukuran paparan dapat menjadi terapi paling efektif jika sesi terapi diatur bersama. Metode lain seperti biofeedback, hipnosis, dan lainnya dapat membantu pasien mengurangi kecemasan dan mengontrol denyut jantung.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk phobia (fobia)?

Tidak terdapat pemeriksaan lain untuk fobia. Dokter mendiagnosis penyakit dengan wawancara klinis dengan baik. Anda akan ditanyakan mengenai gejala dan riwayat kesehatan Anda, lalu dokter akan menyimpulkan bahwa Anda memiliki fobia.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi phobia (fobia)?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi fobia:

  1. Bicarakan dengan dokter Anda mengenai kondisi Anda. Jangan malu untuk mengakui fobia Anda
  2. Ingatlah fobia khusus dapat diterapi setelah beberapa sesi
  3. Hindari keadaan yang membuat stress sedapat mungkin
  4. Olahraga untuk menurunkan kecemasan
  5. Hindari hal yang menyebabkan Anda takut
  6. Hubungi dokter Anda jika Anda terkena serangan panik lebih sering. Hubungi jika Anda mengalami komplikasi fisik yang disebabkan oleh cemas atau depresi dan jika Anda memiliki keinginan untuk bunuh diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *