Trik Memilih Bantal Untuk Kesehatan

Tidur tanpa bantal memang memberikan manfaat sehat untuk tubuh. Namun nyatanya, tak semua orang bisa nyaman jika tidur tanpa bantal. Belum lagi beragam bentuk bantal tertentu memiliki kualitas yang berbeda. Sebelum Anda bingung memilihnya, simak trik berikut ini.

Memilih Bantal Tidur Berdasarkan Posisi Tidur

  • Posisi tidur telentang

Jika Anda tidur dengan posisi telentang, Anda membutuhkan bantal yang tidak terlalu keras atau terlalu tinggi. Leher tidak harus naik, tapi cukup disangga sehingga kepala tetap sejajar dengan punggung bagian atas dan tulang belakang. Selain itu, cobalah tidur dengan bantal lain atau guling di bawah lutut untuk mengurangi tekanan pada punggung bawah.

  • Posisi tidur tengkurap

Jika Anda tidur dengan posisi tengkurap, Anda membutuhkan bantal yang tipis dan lembut. Anda juga harus mencoba tidur dengan bantal di bawah pinggul untuk mencegah nyeri punggung bawah.

  • Posisi tidur miring

Jika Anda tidur dengan posisi miring, Anda membutuhkan bantal yang sesuai dengan bentuk leher. Jadi, pastikan bantal yang Anda pilih cukup lentur dan empuk sehingga bisa mengikuti arah miringnya kepala Anda. Anda juga harus menjaga agar kepala cukup tinggi supaya tulang belakang tetap sejajar.

Memilih Bantal Tidur Berdasarkan Isi Bantal

  • Busa

Bantal busa sangat baik untuk orang yang memiliki masalah tidur. Bantal ini akan mengurangi ketegangan pada rahang atau leher. Isi bantal dengan menggunakan busa memiliki kepadatan yang pas sehingga nyaman untuk digunakan.

  • Busa memori (memory foam)

Isi bantal busa memori terbuat dari bahan sejenis busa polyurethane yang dibuat melalui proses khusus. Bantal busa memori dapat menyesuaikan bentuk tubuh saat Anda bergerak dan dapat kembali berubah ke bentuk awal. Karena bentuknya mampu menyesuaikan kepala Anda dan pergerakannya, bantal jenis ini juga baik buat Anda yang suka tidur dengan posisi miring atau telentang.

  • Lateks

Bantal tidur jenis ini merupakan bantal yang paling kuat dan tahan terhadap tungau dan jamur. Bantal ini juga dapat membantu mengatasi masalah pada punggung dan leher Anda.

  • Wol atau katun

Wol atau katun adalah bahan alami yang tahan terhadap tungau dan jamur. Kedua bahan ini cenderung cukup keras. Jadi jika Anda menyukai bantal licin, pengisi ini kurang cocok untuk Anda.

  • Bulu angsa

Isi bantal dengan bahan ini direkomendasikan sebagai salah satu bantal yang baik untuk istirahat malam yang nyenyak. Bantal ini juga lembut dan tidak terlalu padat sehingga cocok untuk orang yang suka tidur tengkurap.

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda tidak lagi salah memilih bantal untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *